Cuaca Ekstrim, Warga Diminta Segera Melaporkan kepada Babinsa Jika Terjadi Bencana Alam - Info Kepri -->
Trending News
Loading...

Cuaca Ekstrim, Warga Diminta Segera Melaporkan kepada Babinsa Jika Terjadi Bencana Alam

 

Cuaca Ekstrim, Warga Diminta Segera Melaporkan kepada Babinsa Jika Terjadi Bencana Alam
Babinsa Desa Ceruk, Serma Rapius, saat melakukan komsos dengan perangkat desa. (Fhoto : Bernard Simatupang).

NATUNA, Infokepri.com - Babinsa Desa Ceruk, Serma Rapius, Personil Koramil 01/Ranai Kodim 0318/Natuna, melaksanakan komunikasi sosial (komsos) dengan Perangkat Desa Ceruk, di Kantor Desa Ceruk, Kecamatan Bunguran Timur Laut, Senin (06/01/2023).

Serma Rapius mengatakan, kegiatan komsos ini bertujuan untuk menjalin silaturahmi, mempererat hubungan kekeluargaan dan meningkatkan sinergitas antara Babinsa dengan perangkat desa sehingga tercipta suasana yang harmonis guna menunjang pelaksanaan tugas Babinsa di lapangan.

Sehubungan kondisi cuaca saat ini di Kabupaten Natuna sangat ekstrim akibat  musim utara dengan curah hujan lebat disertai angin kencang dan gelombang laut tinggi, Babinsa mengajak segenap perangkat desa untuk bersama-sama memberikan pengarahan kepada warga agar tetap waspada terhadap kemungkinan terjadinya bencana alam dan bahaya lainnya yang dapat membahayakan keselamatan warga.

Ia juga menyampaikan kepada segenap perangkat desa, apabila terjadi bencana alam agar segera melaporkannya kepada Babinsa untuk segera menggalang koordinasi bersama pihak-pihak terkait seperti Bhabinkamtibmas, BPBD, Basarnas, Damkar dan pihak-pihak terkait lainnya untuk segera diambil tindakan pertolongan penyelamatan dan evakuasi terhadap korban bencana.

"Terutama para nelayan, diharapkan buat sementara waktu untuk tidak melaut dulu karena gelombang laut saat ini sangat tinggi yang sewaktu waktu dapat mengancam keselamatan para nelayan di tengah lautan," pungkasnya.

Sementara itu, Danramil 01/Ranai, Mayor Inf Roganda Simanjuntak, S.E, mengatakan, kehadiran Babinsa harus bisa dirasakan masyarakat, untuk memberikan solusi, meringankan beban masyarakat dan membantu mengatasi kesulitan rakyat sekelilingnya.

Babinsa menjadi tempat mengadu masyarakat terkait hal-hal yang berdampak pada keamanan nasional. Ia dituntut untuk dapat memetakan kondisi teritorialnya dan terus meningkatkan komunikasi sosial, manajemen teritorial, pengumpulan data dan analisa sesuai aspek geografi, demografi dan kondisi sosial di lapangan.

"Hal ini harus terwujud dalam rangka menghadapi ancaman nyata. Memang sukses itu berat akan tetapi sukses itu nikmat, apabila hal ini dapat terwujud oleh Babinsa dalam mengoptimalkan bimbingan teritorial dengan baik di lapangan," terangnya.

Di tempat terpisah, Dandim 0318/Natuna, Letkol Inf Morison Chandra Karundeng S.Sos,  mengatakan, kegiatan ini merupakan wujud nyata kepedulian TNI untuk membangun kerukunan dan toleransi dalam kehidupan bermasyarakat, salah satunya dengan melakukan silaturrahmi, monitoring, pendampingan, dan pengamanan.

"Selain itu dapat berguna untuk mencari solusi bersama guna  memudahkan masyarakat dan Babinsa dalam menghadapi masalah yang ada sehingga dapat ditangani dengan mudah," kata Dandim. (Nard).

   = DARI NATUNA UNTUK INDONESIA =


Editor : P Sipayung


Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel