Menjelang HUT Pasbar ke 19 Tahun, Pemkab Berziarah ke Sejumlah Makam Kepala Daerah dan Ulama - Info Kepri -->
Trending News
Loading...
Menjelang HUT Pasbar ke 19 Tahun,  Pemkab Berziarah ke Sejumlah Makam Kepala Daerah dan Ulama

Menjelang HUT Pasbar ke 19 Tahun, Pemkab Berziarah ke Sejumlah Makam Kepala Daerah dan Ulama

Menjelang HUT Pasbar ke 19 Tahun,  Pemkab Berziarah ke Sejumlah Makam Kepala Daerah dan Ulama
Ketua DPRD Pasbar saat memimpin rapat paripurna istimewa di Gedung DPRD Kabupaten Pasbar, Kamis (6/1/2023) (Fhoto : Pandapotan/Infokepri.com)


By Pandapotan

PASAMAN BARAT, Infokepri.com - Menjelang Hari Ulang Tahun (HUT) Kabupaten Pasaman Barat (Pasbar) ke-19, Pemerintah Daerah Pasbar berziarah ke sejumlah makam Kepala Daerah sebelumnya dan Ulama Besar Pasbar, pada Kamis (6/1).

Ziarah dipimpin langsung oleh Bupati Hamsuardi bersama Wakil Bupati Risnawanto, didampingi Ketua DPRD Erianto, Sekda Hendra Putra, Ketua TP PKK Ny. Titi Hamsuardi, Ketua GOW Ny. Fitri Risnawanto, Ketua DWP Ny. Ayu Hendra Putra, dan Kepala OPD dan stakeholder terkait.

Ziarah diawali ke makam Syekh Buya Lubuak Landua, berlanjut ke makam ulama Alin Tagak. Setelah itu ziarah ke makam Bupati Pasaman Barat periode 2005-2010 dan periode 2015-2020 Drs. H Syahiran MM, lanjut ke makam ulama Buya Rao-Rao. Rombongan lanjut berziarah ke makam Syekh HM Yunus Sasak dan berakhir di makam Wakil Bupati Pasaman Barat periode 2010-2015 H. Syahrul DT. Marajo, S.Pd, MM.

Pada kegiatan tersebut rombongan bupati juga menyampaikan maksud dan tujuan kepada keluarga yang ditinggal. Karena jasa ulama yang telah membangun Kabupaten Pasaman Barat di bidang keagamaan.

Rasa haru juga dirasakan oleh rombongan ketika berkunjung dan berziarah ke makam Bupati Pasbar sebelumnya Drs Syahiran MM di Silaping. Apalagi ketika bertemu dengan keluarga yang ditinggalkan almarhum. Kesedihan juga terlihat di wajah istri almarhum Drs Syahiran MM yakni Yunisra Syahiran beserta anak dan keluarga yang tinggalkan.

Karena dari perjalananya, almarhum Drs Syahiran telah mengabdi selama lebih dari 40 tahun untuk Pasaman Barat. Di sisa umurnya ia juga masih menjabat sebagai Bupati Pasaman Barat.

"Bagi kami, Abang Drs Syahiran MM ini bukan hanya sebagai mantan bupati saja. Namun, sudah seperti keluarga, begitu juga dengan keluarga, sehingga sampai sekarang saya masih merasakan bahwa anak almarhum sebagai anak saya," kata Hamsuardi.

Bupati Hamsuardi juga mengajak rombongan yang hadir untuk mengingat kembali perjuangan Drs Syahiran MM. Dengan penuh haru bupati mengajak keluarga untuk tabah dan tetap menjaga kekompakan sehingga almarhum juga merasakan bahagia di alam sana.

Sementara itu, rasa haru juga dirasakan oleh rombongan ketika melakukan ziarah ke makam almarhum Wakil Bupati sebelumnya yakni H. Syahrul DT Marajo. Makam yang berada di Kampuang Pisang Jorong IV Koto Kecamatan Kinali itu rutin dikunjungi oleh pejabat Pemda Pasbar dalam hari besar, begitu juga dalam menyambut HUT Pasbar yang ke-19 ini.

Wakil Bupati Risnawanto dengan suara bergetar memberikan sambutan di depan rombongan peziarah kubur. Ia masih mengingat bagaimana perjuangan H. Syahrul DT Marajo memimpin Kabupaten Pasaman Barat.

"Kita kenal dengan almarhum, ia bukan saja sebagai tokoh pemimpin Pasbar ini saja. Namun, almarhum juga merupakan tokoh adat. Sehingga kita tahu perjuangan dan kebaikan yang almarhum lakukan," kata Risnawanto.

Kebaikan yang almarhum lakukan lanjutnya, semoga menjadi ladang pahala baginya di alam kubur serta menjadi suri tauladan bagi masyarakat yang kenal dengan almarhum.

"Di hari ulang tahun Pasbar yang ke-19 ini kita kirimkan do'a buat almarhum. Semoga almarhum mendapatkan pahala yang berlipat ganda," tutupnya. (Pdp)

Editor : P Sipayung

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel