Hadiri Kegiatan Rembuk DRPPA , Ini yang Diharapkan Babinsa Muhammad Gusnadi - Info Kepri -->
Trending News
Loading...

Hadiri Kegiatan Rembuk DRPPA , Ini yang Diharapkan Babinsa Muhammad Gusnadi

Hadiri Kegiatan Rembuk  Desa Ramah Perempuan dan Peduli Anak, Ini yang Diharapkan Babinsa Muhammad Gusnadi
Babinsa Desa Air Lengit, Serda Muhammad Gusnadi saat menghadiri kegiatan Rembuk DRPPA di Aula Pertemuan Desa Air Lengit, Kecamatan Bunguran Tengah, Jumat (10/02/2023) (Fhoto : Bernard Simatupang/Infokepri.com)

By Bernard Simatupang

NATUNA, Infokepri.com - Babinsa Desa Air Lengit, Serda Muhammad Gusnadi, Personil Koramil 01/Ranai Kodim 0318/Natuna, menghadiri undangan dalam rangka Rembuk  Desa Ramah Perempuan dan Peduli Anak (DRPPA) yang diselenggarakan Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA) Republik Indonesia, di Aula Pertemuan Desa Air Lengit, Kecamatan Bunguran Tengah, Jumat (10/02/2023).

Turut hadir dalam kegiatan tersebut, Asist Dep DRPPA dr Elvi Hedrani, Sekretaris DRPPA Kepri Leni, Kabid PPA Kabupaten Natuna Yuliarahmadanita, Camat Bunguran Tengah Abdul Karim S.Sos,.Kepala Desa Air Lengit Kuswanto S.Ip, Ketua BPD Air Lengit Retno Beserta anggota, Sekdes Air Lengit Sahikun, Ketua Relawan SAPA (Sahabat Perempuan dan Anak), Bhabinkamtibmas Desa Air Lengit Bripka Pujiono, Kepala Sekolah se-Desa Air Lengit, KaDusun I, II dan RT, RW Desa Air Lengit, Ketua Karang Taruna Desa Air Lengit, Ketua PKK Desa Air Lengit, Tokoh Masyarakat, Tokoh Agama, Tokoh Pendidikan dan Warga Desa Air Lengit.

Serda Muhammad Gusnadi mengatakan, sebagai aparat teritorial  Babinsa punya peran yang sangat besar untuk mendorong terkait keberhasilan pembangunan di wilayah binaan.

"Termasuk program desa ramah perempuan dan peduli anak (DRPPA) yang diselenggarakan Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA) dengan tujuan agar masyarakat tahu betapa pentingnya sosialisasi masalah perlindungan anak karena masyarakat banyak yang belum paham apabila menjumpai permasalahan harus kemana dan lapor kepada siapa," ujar Gusnadi.

“ Kita harus betul-betul mendorong kesadaran masyarakat dalam bentuk perlindungan dan dukungan terhadap korban dan keluarga korban. Karena seringkali terjadinya pengasingan terhadap keluarga korban yang dilakukan oleh lingkungan masyarakat sekitar,” tambahnya.

Desa harus memberikan rasa aman dan nyaman bagi masyarakatnya khususnya perempuan dan anak, memenuhi hak atas perlindungan dari segala bentuk kekerasan dan diskriminasi, serta tersedia sarana dan prasarana publik yang ramah perempuan dan anak.

"Dengan adanya desa ramah perempuan dan peduli anak diharapkan dapat berdampak terhadap terbangunnya kesetaraan gender dalam keluarga, terwujudnya pengasuhan anak yang sesuai dengan perkembangan anak, meningkatnya kemampuan anak dan perempuan untuk mengartikulasikan kepentingannya dalam kegiatan desa," harap Gusnadi.

Sementara itu, Danramil 01/Ranai, Mayor Inf Roganda Simanjuntak, S.E, mengatakan, kehadiran Babinsa harus bisa dirasakan masyarakat, untuk memberikan solusi, meringankan beban masyarakat dan membantu mengatasi kesulitan rakyat sekelilingnya.

Babinsa menjadi tempat mengadu masyarakat terkait hal-hal yang berdampak pada keamanan nasional. Ia dituntut untuk dapat memetakan kondisi teritorialnya dan terus meningkatkan komunikasi sosial, manajemen teritorial, pengumpulan data dan analisa sesuai aspek geografi, demografi dan kondisi sosial di lapangan.

"Hal ini harus terwujud dalam rangka menghadapi ancaman nyata. Memang sukses itu berat akan tetapi sukses itu nikmat, apabila hal ini dapat terwujud oleh Babinsa dalam mengoptimalkan bimbingan teritorial dengan baik di lapangan," terangnya.

Di tempat terpisah, Dandim 0318/Natuna, Letkol Inf Morison Chandra Karundeng S.Sos,  mengatakan, kegiatan ini merupakan wujud nyata kepedulian TNI untuk membangun kerukunan dan toleransi dalam kehidupan bermasyarakat, salah satunya dengan melakukan silaturrahmi, monitoring, pendampingan, dan pengamanan.

"Selain itu dapat berguna untuk mencari solusi bersama guna  memudahkan masyarakat dan Babinsa dalam menghadapi masalah yang ada sehingga dapat ditangani dengan mudah," kata Dandim. (Nard).


   = DARI NATUNA UNTUK INDONESIA =


Editor : P Sipayung

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel