Ketua DPRD dan Walikota Batam Apresiasi Kehadiran KMP Bahtera Nusantara 03 - Info Kepri -->
Trending News
Loading...

Ketua DPRD dan Walikota Batam Apresiasi Kehadiran KMP Bahtera Nusantara 03

Ketua DPRD dan Walikota Batam Apresiasi Kehadiran KMP Bahtera Nusantara 03
Walikota Batam Muhammad Rudi bersama Ketua DPRD Batam Nuryanto saat mendampingi Menhub Budi meninjau KMP Bahtera Nusantera 03 di Dermaga Penyeberangan Telaga Punggur, Nongsa, Sabtu (4/2/2023) pagi (Fhoto : Infokepri.com)

By Posman

BATAM, Infokepri.com –  Ketua DPRD Kota Batam Nuryanto mengatakan pihaknya mengapresiasi kehadiran Kapal Motor Penyeberangan (KMP) Bahtera Nusantara 03 dan berharap kapal tersebut dapat memberikan manfaat besar terutama dalam hal pemerataan, kesejahteraan, dan ekonomi masyarakat.

Hal tersebut disampaikan Nuryanto kepada sejumlah awak media saat ikut mendampingi Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi meninjau KMP Bahtera Nusantera 03 di Dermaga Penyeberangan Telaga Punggur, Nongsa, Sabtu (4/2/2023) pagi.

Menurut politisi PDI Perjuangan ini dengan hadirnya kapal tersebut merupakan bentuk komitmen pemerintah untuk selalu memberikan kemudahan aksesibilitas bagi pelaksanaan pembangunan daerah, terutama di wilayah–wilayah yang terpencil dan terdepan.

“ Seperti arahan pak Presiden RI Joko Widodo untuk memperkecil jarak dan memudahkan akses dan transportasi hingga ke pelosok. Kami sangat mengapresiasi,” katanya.

Sebelumnya Menhub Budi mengatakan kapal tersebut akan mempersatukan Indonesia, paling tidak antara Kepri dan Kalimantan. Ia menyebut kapal tersebut akan diresmikan oleh Presiden Joko Widodo dalam waktu dekat ini.

Walikota Batam Muhammad Rudi yang juga ikut mendampingi Menhub Budi meninjau kapal tersebut mengatakan pihaknya juga menyambut baik kehadiran KMP Bahtera Nusantara 03 lantaran mempermudah mobilitas masyarakat di daerah-daerah kepulauan, seperti Batam maupun Kepri sehingga terhubung dengan daerah lain di Indonesia.

“ Dengan hadirnya kapal tersebut mobilitas akan lancar, ekonomi juga akan semakin berkembang pesat,” kata Rudi.

Untuk diketahui, KMP. Bahtera Nusantara 03 memiliki panjang keseluruhan 71,92 m, lebar: 14 m, tinggi: 4,6 m, kecepatan dinas: 15 knot.

Kapal ini mampu mengangkut penumpang sebanyak 386 orang dan ABK 24 orang, serta kendaraan 14 unit truk besar, 12 unit truk sedang, dan 10 unit kendaraan roda 4.

Adapun rute kapal ini, Tanjung Uban tujuan pulau Tambelan dengan jarak sejauh 220 mile/354,1 Km dengan waktu tempuh sekitar 18 jam. Kemudian pulau Tambelan tujuan Sintete (Kalimantan Barat) dengan waktu tempuh sekitar 8 jam dan jarak sejauh 97 mile/156,1 Km. (pay)


Editor : Ismanto 
 


Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel