Babinsa Dede Haryono Gotong Royong bersama Warga Membersihkan Draenase - Info Kepri -->
Trending News
Loading...

Babinsa Dede Haryono Gotong Royong bersama Warga Membersihkan Draenase

Babinsa Dede Haryono Gotong Royong bersama Warga Membersihkan Draenase
Babinsa Desa Batu Gajah, Serda Dede Haryono, melakukan gotong royong pembersihan parit jalan bersama warga. (Fhoto : Bernard Simatupang).

By Bernard Simatupang

NATUNA,Infokepri.com - Babinsa Desa Batu Gajah, Serda Dede Haryono, Personil Koramil 01/Ranai Kodim 0318/Natuna, melaksanakan kegiatan gotong royong bersama masyarakat di RT 11/RW 03, Desa Batu Gajah, Kecamatan Bunguran Timur, Minggu (19/03/2023).

"Selain ingin mengetahui perkembangan situasi dan kondisi wilayah binaan, kehadiran Babinsa di tengah-tengah masyarakat dalam rangka meningkatkan jalinan silaturahmi dan mempererat hubungan kekeluargaan, sehingga tercipta hubungan yang harmonis antara Babinsa dengan masyarakat," ujar Serda Dede Haryono.

Dalam kesempatan ini, Serda Dede Haryono membantu warga gotong royong membersihkan parit kiri kanan jalan sepanjang RT 11/RW 03 Desa Batu Gajah untuk memperlancar saluran pembuangan air.

"Pembersihan parit yang dilakukan secara gotong royong ini, selain untuk menghindari genangan air dan banjir dikala musim hujan juga untuk menjaga kebersihan lingkungan," ucap Serda Dede Haryono.

Lebih lanjut Dede Haryono menyampaikan, gotong royong adalah sebagai bentuk solidaritas sosial, terbentuk karena adanya bantuan dari pihak lain, untuk kepentingan pribadi ataupun kepentingan kelompok sehingga di dalamnya terdapat sikap loyal dari setiap warga sebagai satu kesatuan.

"Oleh karenanya, gotong royong yang merupakan warisan leluhur sejak lama patut dipertahankan dan dijaga kelestariannya," kata Dede Haryono.

Sementara itu, Danramil 01/Ranai, Mayor Inf Roganda Simanjuntak, S.E, mengatakan, kehadiran Babinsa harus bisa dirasakan masyarakat, untuk memberikan solusi, meringankan beban masyarakat dan membantu mengatasi kesulitan rakyat sekelilingnya.

Babinsa menjadi tempat mengadu masyarakat terkait hal-hal yang berdampak pada keamanan nasional. Ia dituntut untuk dapat memetakan kondisi teritorialnya dan terus meningkatkan komunikasi sosial, manajemen teritorial, pengumpulan data dan analisa sesuai aspek geografi, demografi dan kondisi sosial di lapangan.

"Hal ini harus terwujud dalam rangka menghadapi ancaman nyata. Memang sukses itu berat akan tetapi sukses itu nikmat, apabila hal ini dapat terwujud oleh Babinsa dalam mengoptimalkan bimbingan teritorial dengan baik di lapangan," terangnya.

Di tempat terpisah, Dandim 0318/Natuna, Letkol Inf Morison Chandra Karundeng S.Sos,  mengatakan, kegiatan ini merupakan wujud nyata kepedulian TNI untuk membangun kerukunan dan toleransi dalam kehidupan bermasyarakat, salah satunya dengan melakukan silaturrahmi, monitoring, pendampingan, dan pengamanan.

"Selain itu dapat berguna untuk mencari solusi bersama guna  memudahkan masyarakat dan Babinsa dalam menghadapi masalah yang ada sehingga dapat ditangani dengan mudah," kata Dandim. (Nard).

   = DARI NATUNA UNTUK INDONESIA =

Editor : P Sipayung 

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel