BPBD Natuna Terima Bantuan dari Sejumlah Organisasi, Ini Pesan Bupati Natuna - Info Kepri -->
Trending News
Loading...

BPBD Natuna Terima Bantuan dari Sejumlah Organisasi, Ini Pesan Bupati Natuna

BPBD Natuna Terima Bantuan dari Sejumlah Organisasi, Ini Pesan Bupati Natuna
Suasana serah terima bantuan tanah longsor Serasan dari beberapa organisasi Kabupaten Natuna kepada BPBD disaksikan Bupati Natuna Wan Siswandi. (Fhoto : Bernard Simatupang).

Penulis : Bernard Simatupang

NATUNA, Infokepri.com - PMI, KNPI serta Karang Taruna Kabupaten Natuna mewakili beberapa organisasi  serahkan langsung dana bantuan ke Pemda Natuna untuk disalurkan bagi korban tanah longsor di Serasan, Rabu (29/03/2023) di Ruang Rapat Kantor Bupati Natuna.

Uang sebesar Rp 340.763.000,- yang berhasil dikumpulkan oleh Tim Gabungan Posko Bersama Penggalangan Dana Donasi Bencana Longsor Serasan yang disalurkan melalui rekening PMI Kabupaten Natuna, di serahkan langsung dalam bentuk tunai kepada BPBD Natuna, disaksikan langsung oleh Bupati Natuna, Wan Siswandi.

Wan Siswandi menyampaikan rasa terimakasihnya atas kepedulian dari seluruh organisai yang terlibat dalam aksi galang dana untuk korban longsor Serasan.

"Terima kasih juga untuk masyarakat Natuna, yang telah peduli dengan saudara-saudara kita yang terkena musibah dalam bencana longsor Serasan," ungkap Wan Siswandi.

Wan Siswandi meminta pihak BPBD Natuna dan juga BPKPAD Natuna selaku pemegang dana bantuan dari seluruh donatur, agar berhati-hati dalam penggunaan uang tersebut. Ia meminta sekecil apapun pengeluaran untuk keperluan bencana di Serasan SPJ harus sesuai dengan penggunaan.

Lebih lanjut Bupati Natuna menyampaikan, seluruh dana yang masuk akan dikelola secara transparan, sehingga seluruh dana masuk akan didata secara rinci dan akan dipublish di akun resmi pemerintahan agar dapat diketahui oleh publik secara terbuka termasuk rincinan penggunaan anggaran. 

Ketua KNPI Kabupaten Natuna, Haryadi dalam sambutanya menyampaikan bahwa dalam posko bersama menerima dua bentuk sumbangan yaitu dalam bentuk uang dan bentuk barang. Untuk barang telah diserahkan kepada BPBD dan diserahkan langsung ke posko Serasan, total uang terkumpul Rp 340.763.000, dimana dana ini telah digunakan untuk operasional dan kebutuhan pengungsi yang mendesak sesuai arahan BPBD, dan uang  tunai akan diserahkan hari ini sebesar Rp 267.298.125.

Ketua PMI Kabupaten Natuna, Helmi dalam sambutannya menyampaikan bahwa PMI sudah turun langsung ke lapangan untuk membantu langsung proses penggalangan dan penyerahan langsung kepada korban yang terdampak. 

"Kita berharap koordinasi kita akan ditingkatkan, serta pembuatan monumen nama 54 korban yang meninggal sebagai peringatan wilayah rawan bencana, sekaligus kita berharap ada tindak lanjut dalam sosialisai mitigasi bencana kepada masyarakat Pulau Serasan," jelas Helmi.

Acara ditandai dengan penyerahan langsung oleh ketua PMI bersama Ketua KNPI didampingi oleh tim gabungan Karang Taruna, Geopark , HPMI, dan HMII Natuna. (Nard).

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel