Buka Musrenbang Kabupaten Natuna Tahun 2023, Sekdakab : Keberhasilan Suatu Tujuan Tergantung Perencanaan - Info Kepri -->
Trending News
Loading...

Buka Musrenbang Kabupaten Natuna Tahun 2023, Sekdakab : Keberhasilan Suatu Tujuan Tergantung Perencanaan

Buka Musrenbang Kabupaten Natuna Tahun 2023, Sekdakab : Keberhasilan Suatu Tujuan Tergantung Perencanaan
Sekdakab Natuna Boy Wijanarko Varianto, SE menyampaikan sambutannya sekaligus membuka secara resmi Musrenbang Kabupaten Natuna Tahun 2023 di Gedung Sri Serindit, Kamis (16/03/2023) (Fhoto : Bernard Simatupang/Infokepri.com).


NATUNA, Infokepri.com - Perencanaan pembangunan merupakan salah satu unsur penting dari penyelenggaraan pemerintah yang harus betul-betul mendapat perhatian, karena keberhasilan suatu tujuan tergantung kepada baik tidaknya perencanaan yang dibuat.

Oleh karenanya, dalam rangka melaksanakan roda pemerintahan dan pembangunan, pemerintah harus membuat perencanaan yang matang sehingga sasaran yang diharapkan dapat tercapai dengan baik.

Hal tersebut disampaikan Sekretaris Daerah Kabupaten (Sekdakab) Natuna Boy Wijanarko Varianto, S.E, saat membuka secara resmi Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Kabupaten Natuna Tahun 2023 di Gedung Sri Serindit, Jalan Yos Sudarso Batu Hitam - Ranai, pada Kamis (16/03/2023).


 
Lebih lanjut Boy Wijanarko menyampaikan, Musrenbang Kabupaten Natuna ini adalah perwujudan dan pendekatan partisipatif melalui forum musyawarah antar para pemangku kepentingan untuk membahas dan menyepakati langkah-langkah penanganan program kegiatan prioritas daerah yang tercantum dalam daftar usulan rencana kegiatan pembangunan kecamatan yang di integrasikan dengan prioritas pembangunan daerah di wilayah kabupaten.

Dikatakannya, untuk lebih menjamin penyelenggaraan pembangunan yang lebih berdayaguna dan berhasilguna demi kepentingan pemerintah dan masyarakat, maka substansi dan esensi dari sistem perencanaan pembangunan di tingkat nasional dan daerah perlu dimantapkan dan  disempurnakan sesuai dengan rencana kerja pemerintah daerah (RKPD) yang menjadi pedoman bagi penyelenggara pembangunan oleh seluruh perangkat daerah.

Dengan demikian, ujar Boy Wijanarko, sebagaimana diamanatkan dalam Undang-Undang Nomor 25 Tahun 2004 tentang sistem perencanaan pembangunan Nasional dan Undang-Undang Nomor 32 Tahun 2004 tentang pemerintah daerah, bahwa pemerintah daerah wajib menyusun rencana kerja pemerintah daerah (RKPD) yang berpungsi sebagai dokumen perencanaan daerah untuk periode 1 (satu) tahun.

Penyelenggaraan Musrenbang pada hari ini sangatlah penting bagi kita dalam menentukan arah dan kebijakan pembangunan daerah yang menjadi dasar bagi perumusan program dan kegiatan yang akan dilaksanakan oleh Pemerintah Daerah melalui APBD Kabupaten Natuna Tahun Anggaran 2024 mendatang yang dianggarkan dengan estimasi sebesar Rp 1.194.790.815.000.

Guna percepatan pencapaian tujuan pembangunan yang direncanakan, Kabupaten Natuna akan fokus pada :
  1. Pengurangan kesenjangan antar wilayah melalui peningkatan kualitas infrastruktur dan fasilitas lainnya yang berkualitas.
  2. Peningkatan kualitas sumber daya manusia yang unggul melalui melalui peningkatan akses dan pelayanan pendidikan dan kesehatan termasuk peningkatan angka rata-rata sekolah di Kabupaten Natuna yang saat ini berada pada angka 8,96 tahun atau SMP kelas 3.
  3. Penguatan pertumbuhan ekonomi dengan mengoptimalkan sumber daya unggulan daerah.
  4. Peningkatan tata kelola pemerintah yang bersih, transparan, akuntabilitas dan berkualitas serta melayani masyarakat. 
 
Pembangunan SDM ini menjadi sangat penting, karena terkait isu-isu strategis dan juga penurunan kemiskinan ekstrem 0% pada tahun 2024 (target pemerintah pusat), sedangkan pada tahun 2022 kemiskinan ekstrem Kabupaten Natuna sebesar 2,65%.

"Hal ini bukanlah pekerjaan yang mudah dengan keterbatasan anggaran  selama dua tahun terakhir ini cenderung turun. Perlu sinergitas, koordinasi dan proses yang panjang serta dukungan semua elemen masyarakat dalam mewujudkan kesejahteraan masyarakat," pungkasnya. (Nard).


Editor :P Sipayung

 

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel