Di Natuna Pengelola Homestay dan Pokdarwis Ikuti Pelatihan Usaha Homestay - Info Kepri -->
Trending News
Loading...

Di Natuna Pengelola Homestay dan Pokdarwis Ikuti Pelatihan Usaha Homestay

Di Natuna Pengelola Homestay dan Pokdarwis Mengikuti Pelatihan Usaha Homestay
Wabup Natuna Rodhial Huda (tengah) bersama peserta pelatihan usaha Homestay di Ruang Aula Hotel Natuna, Senin (21/08) (Bernard Simatupang/ Infokepri.com)

By Bernard Simatupang
NATUNA, Infokepri.com – Akomodasi wisata merupakan kebutuhan seseorang saat berwisata seperti butuh tempat menginap dan tempat tinggal. Akomodasi tersebut tidak selalu tentang hotel berbintang dan non berbintang tapi juga rumah tinggal bisa dijadikan sebagai sarana akomodasi wisatawan yang biasa disebut dengan homestay atau pondok wisata.

Demikian disampaikan Wakil Bupati (Wabup) Natuna Rodhial Huda saat membuka pelatihan usaha homestay/pondok wisata yang digelar oleh Dinas Pariwisata Kabupaten Natuna pada Senin (21/08) di Ruang Aula Hotel Natuna.

“ Saya berharap pelatihan ini dapat memberikan bekal pengetahuan dan keterampilan kepada calon dan para pengelola homestay,” tegas Wakil Bupati.

Pelatihan ini diikuti oleh puluhan pengelola homestay/pondok wisata dan beberapa kelompok sadar wisata (Pokdarwis) yang terdapat dibeberapa kecamatan di Kabupaten Natuna.

Selanjutnya Wakil mengatakan kehadiran homestay merupakan akomodasi yang dibutuhkan wisatawan untuk bertempat sementara yang berfungsi sebagai tempat berinteraksi dengan orang di daerah sekitar.

Dikatakannya homestay untuk wisata merupakan penyediaan akomodasi berupa bangunan rumah tinggal yang dihuni oleh pemiliknya dan dimanfaatkan sebagian untuk disewakan kepada wisatawan atau tamu sehingga tamu tersebut dapat berinteraksi dan belajar tentang kebiasaan atau budaya setempat.

Menurutnya kehadiran pondok wisata dapat mendukung pengembangan pariwisata dengan konsep ekowisata. Pondok wisata merupakan salah satu produk pariwisata yang efektif dalam mendukung pengembangan pariwisata dengan konsep ekowisata budaya dan juga desa wisata dengan hadirnya homestay di sekitaran destinasi pariwisata tersebut dapat memberikan manfaat ekonomi bagi masyarakat setempat.

Untuk itu, Wakil berharap agar seluruh peserta mengikuti pelatihan ini dengan sungguh-sungguh supaya bisa memahami apa itu homestay dan tata cara pengelolaan homestay.

Lanjutnya jika seorang pengelola homestay telah mengetahui cara mengelola homestay, maka akan dapat memberikan manfaat secara ekonomi sosial dan budaya terutama dalam mendukung sektor pariwisata bangunan yang lebih maju dan berdaya.

Di tempat yang sama Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Natuna Hardinansyah mengatakan tujuan dari kegiatan ini adalah untuk meningkatkan pengetahuan dan kompetensi dalam memberikan pelayanan oleh pelaku usaha pengelolaan Home Stay/Pondok Wisata kepada para turis, baik itu tentang standar pelayanan homestay dan SOP Home Stay baik standar Indonesia maupun dunia. (Nard)


Editor : P Sipayung


Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel