Danramil 01/Ranai Pimpin Gotong-Royong Membersihkan Aliran Sungai yang Terdampak Banjir - Info Kepri -->
Trending News
Loading...

Danramil 01/Ranai Pimpin Gotong-Royong Membersihkan Aliran Sungai yang Terdampak Banjir

Danramil 01/Ranai Pimpin Gotong-Royong Membersihkan Aliran Sungai yang Terdampak Banjir
Danramil 01/Ranai, Mayor Inf R Simanjuntak, S.E, fhoto bersama usai melaksanakan goro. (Fhoto : Bernard S /Infokepri.com)

By Bernard.S

NATUNA, Infokepri.com - Gotong royong mencerminkan kebersamaan yang tumbuh dalam lingkungan masyarakat. Dengan gotong royong, masyarakat bekerja secara bersama-sama untuk membantu orang lain atau untuk membangun fasilitas yang bisa dimanfaatkan bersama.

"Kebersamaan yang terjalin dalam gotong royong sekaligus melahirkan persatuan antar anggota masyarakat. Dengan persatuan yang ada, masyarakat menjadi lebih kuat dan mampu menghadapi permasalahan yang muncul," kata Danramil 01/Ranai, Mayor Inf Roganda Simanjuntak, S.E, saat memimpin gotong royong pembersihan aliran sungai terdampak banjir, bersama Personil Koramil 01/Ranai, beserta masyarakat Kelurahan Batu Hitam, Kecamatan Bunguran Timur, pada Minggu (03/12/2023).

Lanjut Danramil R Simanjuntak, gotong royong mengajari setiap orang untuk rela berkorban. Pengorbanan tersebut dapat berbentuk apapun, mulai dari berkorban waktu, tenaga, pemikiran, hingga uang. 

"Semua pengorbanan tersebut dilakukan demi kepentingan bersama. Masyarakat rela mengesampingkan kebutuhan pribadinya untuk memenuhi kebutuhan bersama," ujarnya.

Selain itu, ucapnya, gotong royong membuat masyarakat saling bahu-membahu untuk menolong satu sama lain. Sekecil apapun kontribusi seseorang dalam gotong royong, selalu dapat memberikan pertolongan dan manfaat untuk orang lain.



"Oleh karenanya, gotong royong harus ditanamkan dalam kehidupan bermasyarakat agar dapat menjalin hubungan sosialisasi dengan baik, terciptanya lingkungan yang bersih dan sehat, dapat mempererat tali persaudaraan, dan dapat memperoleh ketentraman dan kenyamanan akibat hubungan sosial yang baik," tuturnya.

Danramil R Simanjuntak menuturkan, kegiatan gotong royong yang dilakukan bersama masyarakat hari ini yaitu untuk mencegah terjadinya banjir ketiga hujan turun.

"Untuk mencegah terjadinya banjir di wilayah Kelurahan Batu Hitam, personil Koramil 01/Ranai, bersama Aparatur Kelurahan Batu Hitam, Personil BNPB beserta masyarakat melaksanakan antisipasi untuk mencegah banjir dengan cara membersihkan sepanjang aliran sungai yang terdampak banjir," ujarnya.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut, PLH Lurah Batu Hitam, Personil Koramil 01/Ranai, Personil BNPB, Kaling se-Kelurahan Batu Hitam, RW se-Kelurahan Batu Hitam, RT se-Kelurahan Batu Hitam, dan masyarakat Kelurahan Batu Hitam. (Nard).

   = DARI NATUNA UNTUK INDONESIA =

Editor : P Sipayung

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel