Pelatihan Fardhu Kifayah 2023, Diikuti 901 Petugas dari Seluruh RW di Batam - Info Kepri -->
Trending News
Loading...

Pelatihan Fardhu Kifayah 2023, Diikuti 901 Petugas dari Seluruh RW di Batam

Pelatihan Fardhu Kifayah 2023, Diikuti 901 Petugas dari Seluruh RW di Batam
Suasana Pembukaan Pelatihan Fardhu Kifayah Tahun 2023 (Fhoto by ist/infokepri.com)

BATAM, Infokepri.com - Pemerintah Kota (Pemko) Batam, melalui Bagian Kesra Sekdako Batam menyelenggarakan Pelatihan Fardhu Kifayah Tahun 2023, di Aula Engku Hamidah lantai IV Kantor Walikotam, Batam Centre - Batam.

Pelatihan dibuka oleh Wali Kota Batam, Muhammad Rudi, diwakili Sekretaris Daerah Kota (Sekdako) Batam, Jefridin, M.Pd menyampaikan apresiasi dan terimakasih kepada Bagian Kesra yang telah menyelenggarakan pelatihan.

"Dalam Islam, hukum mengurus jenazah adalah Fardhu Kifayah yang artinya diantara umat Islam diwajibkan memiliki ilmu pengetahuan dan keterampilan bagaimana cara memandikan, mengkafani, mensholatkan, dan menguburkan jenazah yang sesuai dengan ketentuan syariat Islam," terangnya, (5/12).

Lanjutnya, Peserta pelatihan adalah petugas Fardhu Kifayah, yang sudah ditetapkan berdasarkan SK Walikota sesuai usulan RW, di setiap RW diusulkan 2 orang. Berdasarkan SK Walikota terdapat 901 petugas yang sudah di-SK-kan.

Karena keterbatasan waktu, maka tahun ini baru sebagian yang mengikuti pelatihan. Sebagian lagi akan mengikuti pelatihan pada tahun depan. Peserta yang mengikuti pelatihan, akan mendapat sertifikat.

“Saya yakin semua sudah memiliki ilmu soal Fardhu Kifayah ini. Namun ada teknis-teknis yang harus diketahui dan akan disampaikan oleh narasumber. Di samping teori ada etika yang harus dijaga, seperti aib dari jenazah yang Kita urus ini,” katanya.

Dengan dilaksanakannya pelatihan ini, lanjutnya lagi berpesan kepada seluruh peserta agar dapat menyerap dan mengaktualisasikan ilmu yang didapat dimasyarakat. Dan berharap peserta dapat meneruskan pengetahuan tentang cara mengurus jenazah kepada masyarakat, sehingga masyarakat tahu dan mampu melaksanakan penyelenggaraan jenazah.

"Setelah mengikuti pelatihan ini, hendaknya peserta dapat menyerap dan mempraktekan sesuai dengan materi pelatihan dilapangan nantinya," terangnya.

Di tempat yang sama, Kabag Kesra Sekdako Batam, Mahlil menyampaikan pelatihan Fardhu Kifayah ini diikuti oleh petugas pemandian dan pengkafanan jenazah di Kota Batam. Pelatihan akan dilaksanakan dua kali di bulan Desember 2023.

“Kegiatan pelatihan ini dilakukan dengan pemberian materi terlebih dahulu oleh narasumber mengenai tata cara memandikan Jenazah, mengkafani serta mensholatkan jenazah. Dilanjutkan dengan praktek,” tutupnya. (*)


Editor : Andi P

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel