Gubernur Ansar Tutup MTQH X Kepri, Batam Meraih Juara Umum - Info Kepri -->
Trending News
Loading...

Gubernur Ansar Tutup MTQH X Kepri, Batam Meraih Juara Umum

Gubernur Ansar Menutup MTQH X Kepri, Batam Meraih Juara Umum
Gubernur Ansar (kiri) menyerahkan piala bergilir MTQH kepada Walikota Rudi atas prestasi khafilah Batam meraih juara umum di Dataran Engku Putri, Batamcentre. Batam, Senin (27/5/2024) (Ist/Infokepri.com)

By Posman
BATAM, Infokepri.com  - Gubernur Kepri, Ansar Ahmad menutup perhelatan Musabaqah Tilawatil Qur'an dan Hadits (MTQH) X Kepri tahun 2024 pada Senin (27/5/2024) malam, di Dataran Engku Putri, Batamcentre. Batam.

Penutupan MTQH X Kepri ditandai dengan menekan tombol sirine yang dilakukan Gubernur Ansar didampingi Wakil Gubernur (Wagub) Kepri, Marlin Agustina Rudi, Walikota Batam Muhammad Rudi dan sejumlah kepala daerah se-Kepri serta tokoh masyarakat Kepri.

Pada MTQH X Kepri khafilah Batam berhasil meraih juara umum dengan meraih 191 poin, disusul Kabupaten Karimun dengan meraih 73 poin, Tanjung Pinang 55 poin, Lingga 52 poin, Bintan 31 poin, Natuna 24 poin, dan Anambas 19 poin.

MTQH X Kepri ini dipusatkan di Dataran Engku Putri dan berlangsung dari tanggal 20-27 Mei 2024,  penutupannya berlangsung meriah. Berbagai penampilan sukses memukau penonton mulai dari MB Gita Pratama Gemilang, Malaykustik, hingga penampilan Pembacaan Ayat Suci Al-Qur’an Juara Internasional di Tanzania, Ustaz Syamsuri Firdaus.

Wagub Marlin mengapresiasi semua pemenang MTQH X Kepri, ia menyebut rangkaian MTQH X Kepri mulai dari Malam Ta'aruf, Pawai Ta'aruf, Pelantikan Dewan Hakim, Pembukaan Bazar MTQH X, Pembukaan MTQH X, hingga Penutupan MTQH X Kepri berlangsung sukses.

Marlin yang juga menjabat sebagai Ketua Lembaga Pengembangan Tilawatil Qur'an  (LPTQ) Provinsi Kepri mengatakan pihaknya berharap agar peserta menyiapkan diri dengan matang menjelang MTQH tingkat nasional. 

Ia ingin hasil MTQH X Kepri bisa membentuk kafilah Kepri terbaik untuk MTQH tingkat nasional nanti.

Di tempat yang sama, Walikota Rudi mengucapkan terimakasih kepada khafilah Batam yang sudah berjuang keras dan sukses mempertahankan Batam sebagai juara umum

"Alhamdulillah Batam sukses meraih sebagai juara umum MTQH X Kepri, saya mengucapkan terima kasih khafilah Batam yang telah berjuang keras sehingga mampu mempertahankan Batam sebagai juara umum" kata Walikota Rudi.

Ia juga mengapresiasi seluruh pihak yang sudah menyukseskan MTQH X Kepri di Batam. Ia berharap, semua khafilah bisa terkesan selama mengikuti perlombaan di Batam.

"Sebagai tuan rumah, kami mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang turut serta menyukseskan MTQH X Kepri di Kota Batam," katanya.

Pria yang menjabat sebagai Kepala BP Batam ini, berharap dengan terselenggaranya MTQH X Kepri, semoga semangat mempelajari Al-Qur'an terus tumbuh sejak dini. Ia mengaku, penyelenggaraan MTQH X Kepri memberikan dampak positif bagi Kota Batam di bidang ekonomi hingga pariwisata.

Rudi mengucapkan selamat kepada pemenang atas prestasi yang diukir. Dan bagi yang belum berkesempatan menang, jadikan sebagai penyemangat untuk terus mengasah diri.

" Saya mengucapkan selamat kepada peserta yang berhasil menang dan kepada yang belum berhasil juara, diharapkan dapat terus menjadi pribadi yang lebih baik, semoga para peserta semakin meningkat prestasinya," katanya.

Dengan selesainya pergelaran MTQH X Kepri ini, lanjutnya, diharapkan terbentuk khafilah Kepri terbaik untuk mengharumkan nama Provinsi Kepulauan Riau di tingkat nasional.

"Semoga Khafilah Kepri yang akan terbentuk bisa tampil maksimal di MTQH tingkat nasional dan bahkan tingkat internasional," ujarnya.

Rudi juga mengatakan pihaknya bangga pada STQH di Jambi, Provinsi Kepri mendapat peringkat 4 di Indonesia dari sebelumnya di peringkat 7. 

“ Semoga ke depan Kepri bisa lebih baik di MTQH Nasional," ujarnya

Untuk diketahui MTQH X Kepri di Batam diikuti 817 peserta, yang terdiri dari Kafilah Batam sebanyak 130 orang, Tanjung Pinang 143 orang, Bintan 118 orang, Karimun 100 orang, Lingga 90 orang, Anambas 136 orang, dan Natuna 100 orang.

Adapun cabang yang diperlombakan pada MTQH X Tingkat Provinsi Kepri ini yakni : Cabang Seni Baca Al-Qur’an, Cabang Qira’at Al-Qur’an, Cabang Hafalan Al-Qur’an, Cabang Tafsir Al-Qur’an, Cabang Fahmil Al-Qur’an, Cabang Syarhil Al-Qur’an, Cabang Seni Kaligrafi Al-Qur’an, Cabang Karya Tulis Ilmiah Al-Qur’an, Cabang Musabaqah Hadits Nabi, Cabang Eksibisi dan Qasidah Rebana. (Pay)


Editor : P Sipayung
.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel