Pemkab Sergai Sosialisasikan Ranwal RKPD Tahun 2020. - Info Kepri -->
Trending News
Loading...

Pemkab Sergai Sosialisasikan Ranwal RKPD Tahun 2020.


SERGAI, Infokepri.com - Pemkab Sergai Sosialisasi Rancangan Awal (Ranwal)  Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) tahun 2020, Rabu, 5/1/2020 di Aula Sultan Serdang Komplek Kantor Bupati Sergai.

Dalam sambutannya Bupati Sergai Ir H Soekirman mengatakanDokumen Rancangan Awal (Ranwal) Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Kabupaten Serdang Bedagai (Sergai) tahun 2021 memiliki kedudukan strategis dalam konteks pembangunan, hal ini dikarenakan RKPD tahun 2021 menjadi RKPD kelima atau yang terakhir dalam periode Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) tahun 2016-2021 dan menjadi acuan dalam penyusunan APBD tahun 2021.

Penyusunan RKPD dilakukan dengan penguatan pelaksanaan kebijakan yang berorientasi pada money follow program priority dan priority follow outcome sehinggga kebijakan alokasi perencanaan dan penganggaran disusun berbasis pada program prioritas serta memiliki dampak hasil yang nyata bagi masyarakat. 

" Oleh karenanya, sosialisasi ini sangat tepat jika bertujuan untuk menjamin sinkronisasi perencanaan pembangunan daerah dan perencanaan pembangunan desa," katanya.

Melalui kegiatan ini diharapkan seluruh pemangku kepentingan akan bersinergi dalam mendukung pembangunan tahun 2021 yang mengusung thema pemantapan sektor pertanian dan pariwisata dalam mendukung pertumbuhan ekonomi dan peningkatan SDM yang unggul dan berdaya saing.

Menilik persentase kinerja makro ekonomi dan sosial Kabupaten Sergai, Bupati menyebut ada beberapa capaian yang telah diperoleh yaitu pertumbuhan ekonomi Sergai yang mencapai 5,17%, hanya 0,01% lebih rendah dibanding perolehan Provinsi Sumut yang ada di angka 5,18%. Pada bidang pengentasan kemiskinan, Sergai bisa melampaui capaian Provinsi bahkan nasional, di mana angka kemiskinan Sergai ada di 7,9% berbanding 8,63% untuk tingkat Provinsi dan capaian nasional yang ada di kisaran 9,22%.

Terakhir, angka pengangguran di Kabupaten Sergai juga lebih rendah dibanding persentase Provinsi Sumut dan bahkan nasional di mana pengangguran di Sergai sudah di angka 5,10% dibanding Provsu 5,56% dan tingkat nasional yang persentasenya 5,34%.”

Beliau menyebutkan penyusunan RKPD diupayaka  dapat berjalan sebagaimana mestinya khususnya dalam pencapaian target 21 peraihan tahun 2021 diantaranya pencapaian persentase SD terakreditasi A sebesar 15%, jaringan irigasi Kabupaten dalam kondisi baik sebesar 78%. 

" Jumlah wisatawan juga diharapkan meningkat hingga 1 juta kunjungan dan produktivitas padi yaitu 6,2 ton per hektar," katanya.

Dengan mempedomani pembangunan yang diarahkan untuk penuntasan visi, misi, tujuan dan sasaran pembangunan serta tahap konsolidasi untuk memastikan terjadinya perubahan, maka lanjut Bupati, prioritas pembangunan tahun 2021 ditetapkan pada 3 aspek yaitu pemantapan sektor pertanian dan pariwisata, pemantapan kualitas hidup masyarakat dan pemantapan tata kelola pemerintahan.

Sementara itu Ketua DPRD kabupaten Sergai dr. M.Riski Ramadhan Hasibuan, SH, SE, M.KM dalam sambutannya menyebut RKPD Kabupaten Sergai adalah salah satu dokumen yang menjadi dasar dalam penyusunan APBD tahun 2021. 

“ Kami dari lembaga DPRD Kabupaten Sergai berkeyakinan penuh kepada Pemkab Sergai bahwa rancangan awal RKPD yang akan disosialisasikan ini sudah berdasarkan analisis gambaran umum kondisi daerah," katanya.

Iaberharap agar thema, arah kebijakan dan prioritas pembangunan dalam RKPD Kabupaten Sergai hendaknya mengacu kepada analisis dan penelaahan terutama terhadap pokok-pokok pikiran DPRD yang sudah dilakukan pembahasannya melalui rapat kerja Badan Anggaran DPRD Bersama TAPD (Tim Anggaran Pemerintah Daerah) dan BAPPEDA beberapa waktu yang lalu.

Selain itu juga harus mengacu pada hasil monitoring dan evaluasi terhadap capaian program prioritas pembangunan yang telah dilaksanakan.

Ia jgmenyebut lembaganya akan senantiasa mendukung dan tetap bersinergi dengan Pemkab Sergai sesuai dengan fungsi dan kewenangannya dalam penyelenggaraan pemerintahan. 

“Ini semua guna meningkatkan pertumbuhan ekonomi dan kesejahteraan rakyat," katanya.

Tampak hadir dalam acara tersebut Wakil Ketua DPRD Sergai Siswanto serta para anggota DPRD Sergai, Asisten Ekbang Ir. H. Kaharuddin, MM, para Kepala OPD dan Camat se- Kabupaten Sergai.

(zal/bon)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel