Dampak Dari Pandemi Covid-19, Sejumlah Hotel Mengurangi Waktu Kerja dan Sebagian Tutup - Info Kepri

about

about

Search This Blog

Total Pageviews

Popular Posts

Follow by Email

Technology

Dampak Dari Pandemi Covid-19, Sejumlah Hotel Mengurangi Waktu Kerja dan Sebagian Tutup

Batam, Pandemi Covid-19, Industri Hotel, Ketua Asosiasi HRD Manager Hotel kota Batam, Sumiati Marzuki
Share it:

BATAM, Infokepri.com - Dampak dari pandemi Covid-19 industri perhotelan di Kepri khususnya di Kota Batam, terhitung dari tanggal 1 April 2020, sekitar 28 hotel melakukan pengurangan waktu kerja, antara 8 hingga 15 hari per-bulannya dan ada yang tutup selama 2 bulan bahkan ada hotel yang sudah tutup sampai batas waktu yang tidak ditentukan.

Ketua Asosiasi HRD Manager Hotel kota Batam, Sumiati Marzuki kepada sejumlah awak media mengatakan beberapa hotel seperti Batam View Beach Resort Batam yang masih bertahan berjalan normal.

“ Belum pernah dalam sejarah tamu sampai nol atau zero, namun akibat dampak Corona Virus Disease (Covid-19) tamu hotel kosong,” katanya di Batam Centre, Batam belum  lama ini.

Kosongnya tamu hotel itu, katanya lantaran negara Singapura dan Malaysia melakukan lockdown dan dampaknya sangat besar sekali, otomastis tamu yang datang ke kota Batam tidak ada dari ekdua negara itu, sementara biaya operasional hotel sangat tinggi, dan juga dihadapkan dengan pembayaran gaji karyawan.

“ Kontribusi industri perhotelan dapat mengumpulkan devisa sebesar Rp 280 triliun,-  ke negara pada tahun 2019 lalu, Kepri menjadi nomor dua setelah Bali, se-Indonesia. Sebetulnya karyawan hotel adalah pahlawan devisa,” katanya.

Ia mengharapkan perhatian dari Pemerintah Daerah kepada pekerja hotel akibat dampak Covid-19 ini, karena Kepri bisa menjadi nomor dua setelah Bali menggeser Jakarta,  itu berkat para pekerja yang bisa dibilang Pahlawan devisa seperti TKI. (AP)

Share it:

Batam

Post A Comment: