Ini Arah Kebijakan Pemko Tebingtinggi Antisipasi Dampak Covid-19 - Info Kepri -->
Trending News
Loading...

Ini Arah Kebijakan Pemko Tebingtinggi Antisipasi Dampak Covid-19




TEBING TINGGI, Infokepri.com
- Pemerintah Kota Tebingtinggi melakukan berbagai upaya untuk menanggulangi Corona Virus Disease (Covid-19) sejalan dengan kebijakan Pemerintah Pusat, seperti melaksanakan social distancing atau physical distancing untuk memutus mata rantai wabah yang melanda Indonesia bahkan banyak negara.

“ Pemerintah Kota Tebingtinggi serius dalam menanggulangi wabah ini, berbagai upaya telah dilaksanakan diantaranya penyemprotan disinfektan secara massal hingga tingkat kelurahan, fasilitas umum, lembaga Pendidikan dan rumah ibadah dengan melibatkan TNI – Polri,” kata Sekretaris Daerah Kota Tebingtinggi M Dimiyathy S.Sos. M.TP mewakili Walikota Tebing Tinggi bersama unsur Gugus Tugas pada saat memberikan keterangan arah kebijakan pemko Tebingtinggi dalam antisipasi dampak virus corona di Posko Penanggulangan Covid 19, Kamis ( 02/04/2020 ).

Ia menyebutkan Pemko Tebingtinggi sudah mempesiapkan secara matang langkah kebijakan tersebut yakni Penandatangan MoU dengan Bulog Tebingtinggi dalam hal stock pangan menjaga kemungkinan bila kota Tebingtinggi dalam keadaan darurat Covid 19.

Dikatakan Dimiyathy selaku Sekda Kota Tebing Tinggi bahwa  Pemko Tebingtinggi juga sudah meminta kepada BRI untuk segera mencairkan dana bantuan sembako yang merupakan Program Pemerintah Pusat dalam hal ini Kementerian Sosial yang diaplikasikan melalui e-warolung yang sekarang ini besarannya sudah mencapai Rp 200 ribu,- setiap penerima manfaat yang sebelumnya di bulan Januari – Februari 2020 hanya Rp 150 ribu,-.

Kebijakan lainnya kata Dimiathy, Pemerintah Kota Tebingtinggi telah melakukan relaksasi retribusi stand dan kios pedagang di pasar yang di bawah kewenangan pemko setempat sehingga dapat meringankan beban pedagang selama wabah ini melanda.

“Ditingkat kelurahan dan kecamatan, Pemerintah Kota memacu para Lurah dan Camat agar kegiatan pembangunan prasarana kelurahan dan pemberdayaan masyarakat dengan pola padat karya sehingga masyarakat yang terdampak mendapat peluang kerja. Lurah dan Camat benar- benar memanfaatkan tenaga lokal,” kata Dimiyathy.

Ia menyebutkan Pemko Tebing Tinggi dalam waktu dekat akan melaksanakan operasi pasar dan akan memberikan sembako kepada masyarakat yang terdampak akibat dari kebijakan dan terdampak merebaknya Virus Covid 19 ini.

Di penghujung keterangan, Dimiyathi menegaskan bahwa kebijakan dan jadwal pasti kegiatan Pemko Tebingtinggi akan di sampaikan kemudian melihat kemungkinan- kemungkinan yang bakal terjadi sebab kondisi kota Tebingtinggi saat ini dalam kondisi siaga darurat bisa berubah dan bertambah.

Sementara itu Kepala BPKPAD kota Tebingtinggi Jefri Sembiring dalam keterangannya menyampaikan bahwa Pemerintah Kota Tebingtinggi melakukan refocusing atau penjadwal ulang APBD Kota Tebingtinggi TA 2020 dalam antisipasi penanggulangan wabah virus corona (Covid–19).

“ Sebagaimana di ketahui bahwasanya kegiatan untuk penanggulangan, penanganan dan pencegahan Covid 19 telah dilaksanakan maka Pemerintah kota melakukan refocusing atau penjadwal ulang APBD Kota Tebingtinggi Tahun 2020,” katanya.

Pemerintah Kota Tebingtinggi telah menyiapkan anggaran yang jumlah totalnya sebesar Rp 16,9 miliar,- yang di peroleh dari penjadwalan ulang sebesar Rp 9,1 milyar,-  dari seluruh kegiatan- kegiatan yang ada di OPD dimasukkan pada belanja tidak terduga dan dana yang bersumber dari DID ( Dana Insentif Daerah ) yang diberikan Kementerian Keuangan sebesar Rp 7, 8 milyar,-

“ Jadi totalnya ada Rp 16,9 milyar, dana  itulah yang kita siapkan untuk penanggulangan Virus Covid 19 di Kota Tebingtinggi, “ ucap Jefri Sembiring. (zal/bon)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel