Pemko Batam akan Luncurkan Layanan Daring Kebutuhan Dapur - Info Kepri -->
Trending News
Loading...

Pemko Batam akan Luncurkan Layanan Daring Kebutuhan Dapur

Logo Shop Online TPID Kota Batam
BATAM, infokepri.com - Warga Batam bisa berbelanja kebutuhan bahan pangan tanpa harus keluar rumah. Cukup dengan mengunduh Pasar Mama, warga Batam bisa membeli keperluan harian melalui aplikasi. Senin (13/04/2020)

Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kota Batam, Gustian Riau mengatakan layanan ini sebagai bentuk dukungan terhadap upaya pencegahan penularan corona virus disease (Covid-19).

Karena sejak masuknya penyakit yang menyerang sistem pernapasan ini, warga Batam diimbau untuk #stayathome atau di rumah saja.

"Pemko Batam melakukan terobosan yakni Pasar Tim Pengendalian Inflasi Daerah (TPID) Kota Batam. Karena ada instruksi di rumah saja, jadwal operasional pasar dikurangi. Agar masyarakat tetap bisa berbelanja, maka Pasar TPID juga hadir dalam layanan daring di Pasar Mama," katanya di Batam Centre - Batam.

Aplikasi Pasar Mama ini akan diluncurkan secara resmi hari Kamis (16/4) mendatang. Masyarakat dapat mengunduh aplikasi ini di telepon pintar berbasis Android maupun iOS. Nantinya aplikasi akan hadir di PlayStore dan AppStore.

Semua kebutuhan bahan pangan tersedia di Pasar Mama ini. Seperti buah-buahan, bumbu, susu, sabun, minuman, sayuran, daging, beras, gula, dan bahan pokok lainnya. “Harganya dijamin sesuai harga distributor sehingga lebih miring,” ujarnya.

Bagi yang terbiasa berselancar di dunia maya, belanja di Pasar Mama tentu sangat mudah. Seperti aplikasi umumnya, konsumen diminta untuk membuat akun terlebih dulu dengan mengisi data lengkap berupa email, alamat pengantaran, dan nomor Whatsapp.

Kemudian pembeli bisa login dan mulai berbelanja. Pilih barang yang mau dibeli, tentukan jumlahnya sesuai satuan yang tersedia, selanjutnya masukkan ke keranjang.

"Jumlah nilai belanja minimal Rp 20 ribu untuk satu kali pemesanan. Pembayaran bisa melalui inline payment debit, kartu kredit, atau Gopay. Untuk pengantaran kita bekerja sama dengan Gojek," katanya.

Adapun jadwal pemesanan dan pengantaran barang dibagi menjadi tiga sesi. Yaitu sesi pertama pukul 06.00-09.00 WIB, diantar pukul 09.01-11.00 WIB atau lebih cepat. Sesi kedua, pukul 09.01-12.00 WIB diantar pukul 11.01-13.00 WIB atau lebih cepat. Dan pemesanan sesi ketiga, pukul 12.01-06.00 WIB hari berikutnya, diantar pukul 07.00-09.00 WIB atau lebih cepat.

“Cara pengantaran order dibuka setiap hari Senin sampai Minggu mulai pukul 06.00 WIB sampai 24.00 WIB. Masa tunggu verifikasi pembayaran terhadap order yang sudah dipesan selama 15 menit, dan terbatalkan secara otomatis dari sistem bila tidak melakukan pembayaran serta disarankan melakukan order ulang,” terangnya.

Konsumen juga dapat memantau belanjaannya mulai dari pemesanan barang, status pembayaran, dan sampai status pengiriman melalui notifikasi email atau Whatsapp. Dan perlu diperhatikan bahwa harga sewaktu-waktu dapat berubah mengikuti harga pasaran tanpa pemberitahuan terlebih dahulu. (MC/AP)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel