RS Graha Hermine: "Sudah Banyak yang Daftar Online Termasuk Peserta JKN-KIS" - Info Kepri

about

about

Search This Blog

Total Pageviews

Popular Posts

Follow by Email

Technology

RS Graha Hermine: "Sudah Banyak yang Daftar Online Termasuk Peserta JKN-KIS"

Fasilitas Kesehatan Rujukan Tingkat Lanjut (FKRTL) mitra BPJS Kesehatan berlomba-lomba melakukan inovasi untuk memberikan pelayanan terbaik kepada peserta.
Share it:
RS. Graha Hermine
BATAM, infokepri.com - Fasilitas Kesehatan Rujukan Tingkat Lanjut (FKRTL) mitra BPJS Kesehatan berlomba-lomba melakukan inovasi untuk memberikan pelayanan terbaik kepada peserta. Senin, (13/04/2020)

Rumah sakit yang bergabung menjadi mitra BPJS Kesehatan Cabang Batam sejak tahun 2015 ini mulai memberlakukan pendaftaran online untuk mempermudah peserta.

Salah satunya seperti yang dilakukan oleh RS Graha Hermine yang terletak di Komplek Ruko Asih Raya, Jalan Jendral Suprapto, Batu Aji - Batam.

Koordinator Rawat Jalan RS Graha Hermine, Fitri mengatakan pendaftaran online yang dilakukan melalui aplikasi whatsapp (WA) ini mulai berlaku sejak pertengahan bulan Februari lalu.

"Pendaftaran online melalui whatsapp (WA) di RS Graha Hermine ini sudah launching pertengahan Februari lalu,” ungkap Fitri yang dihubungi melalui telepon oleh Tim Jamkesnews.

Menurut Fitri, sebelumnya RS Graha Hermine hanya memberlakukan pendaftaran pasien melalui antrean elektronik. Namun, karena pasien semakin ramai sementara ruang tunggu pasien terbatas, maka diberlakukanlah pendaftaran online.

"Tujuan utamanya tentu untuk mempermudah pasien, selain itu ruang tunggu juga terbatas, sehingga terkadang pasien menumpuk, makanya perlu diberlakukan pendaftaran online. Setelah diberlakukan pendaftaran online, kondisinya sedikit lega,” katanya.

Fitri mengatakan pendaftaran online sangat memudahkan pasien yang tidak memiliki banyak waktu seperti pekerja. Apalagi tujuannya ke poli atau dokter yang ramai pasiennya.

Untuk melakukan pendaftaran online ini, pasien hanya perlu mengirimkan data dan foto surat rujukan, yang kemudian akan diteruskan ke program oleh petugas di rumah sakit. Setelah itu, pasien cukup datang 1 (satu) jam sebelum jadwal untuk melakukan pendaftaran ulang ke customer care.

"Sampai saat ini sudah banyak pasien yang menggunakan pendaftaran online untuk berobat termasuk peserta JKN-KIS, kendalanya mungkin di pasien yang sudah lanjut usia karena terkadang akses teknologinya terbatas," ungkapnya.

Kepala Bidang Penjaminan Manfaat Rujukan BPJS Kesehatan Cabang Batam, Andi Marisah Hijriyyah Lestari sangat mengapresiasi segala macam bentuk inovasi yang dilakukan Faskes untuk mempermudah peserta.

Dari 23 FKRTL yang menjadi mitra BPJS Kesehatan, sudah beberapa FKRTL yang memberlakukan pendaftaran online.

Ia berharap hal tersebut dapat segera diikuti oleh FKRTL lainnya. "Apalagi di masa pandemi sekarang, penumpukan pasien sangat dihindari sehingga dapat diatasi dengan pendaftaran online," tutupnya. (AP)
Share it:

Batam

Post A Comment: