Upacara Hari Jadi Provinsi Kepri ke 20, Ini Amanah Gubernur Kepri yang Disampaikan Bupati Lingga - Info Kepri -->
Trending News
Loading...

Upacara Hari Jadi Provinsi Kepri ke 20, Ini Amanah Gubernur Kepri yang Disampaikan Bupati Lingga

Upacara Hari Jadi Provinsi Kepri ke 20,  Ini Amanah Gubernur Kepri yang Disampaikan Bupati Lingga
Bupati Lingga, Muhammad Nizar Membacakan Pidato Gubernur Ansar Saat Memimpin Upacara Memperingati Hari Jadi Provinsi Kepri  ke 20 di Halaman Kantor Bupati Lingga, Sabtu (24/09/2022) (Fhoto : Ist) 


LINGGA, Infokepri.com
-  Bupati Lingga, Muhammad Nizar menyampaikan amanah Gubernur Kepri, saat memimpin upacara dalam rangka memperingati Hari Jadi Provinsi Kepulauan Riau ke 20 pada Sabtu (24/09/2022) di Halaman Kantor Bupati Lingga.

Upacara yang dilakukan lengkap berpakaian melayu itu, diikuti oleh seluruh unsur Pemerintah Daerah Kabupaten Lingga, berlangsung khidmat.

Dalam pidatonya yang disampaikan Bupati M Nizar, Gubernur Kepulauan Riau menyampaikan skema tujuh tujuan pembangunan diantaranya terwujudnya percepatan pemulihan dan peningkatan pertumbuhan ekonomi, dimana ekonomi Kepulauan Riau tumbuh sebesar 2,18%.

Produk Domestik Regional Bruto (PDRB) turut menunjukkan Trend Positif dengan indikator Produk Domestik Regional Bruto Atas Dasar Harga Konstan (PDRB ADHK).

Tahun 2021, PDRB ADHK mencapai  angka 180 triliun atau naik 6 triliun dari tahun sebelumnya sebesar 174 triliun.



Indeks Pembangunan Manusia (IPM), yang mengalami peningkatan sebesar 0,20 poin, dimana pada tahun 2020 sebesar 75,59 poin dan pada tahun 3021 sebesar 75,79 poin.

"Tingkat Kemiskinan dan Jumlah Penduduk Miskin, berangsur membaik dari 6,13 persen pada tahun 2020 menjadi 5,75 persen pada tahun 2021. Capaian ini lebih baik dari target  keiskinan yang ditetapkan dalam RPJMD Provinsi Kepulauan Riau Tahun 2021-2026 yaitu 6,07 persen pada tahun 2021," jelas Nizar pada pidatonya.

Pada tingkat Pengangguran Terbuka (TPT), mengalami penurunan TPT dari 10,34 persen pada tahun 2020 menjadi 8,02 persen pada tahun 2021.

Kualitas Kesehatan pada data Perkembangan Covid-19 di Provinsi Kepulauan Riau sudah mulai meningkat. Serta kualitas pendidikan yang menempati urutan ke-4 dari 34 provinsi se-Indonesia.

Pemerintah Provinsi Kepulauan Riau, dalam konteks pembangunan juga melakukan pendekatan kewilayahan, dalam pemerataan dan percepatan Pembangunan di kabupaten-kabupaten yang ada.

Kabupaten Lingga, dipusatkan sebagai Sentra pengembangan pertanian, perkebunan dan peternakan serta pariwisata dengan Revitalisasi Kawasan Masjid Sultan Riau Lingga.

Nizar mengajak semua peserta upacara dan masyarakat Kabupaten Lingga, menjadikan momentum peringatan Hari Ulang Tahun Provinsi Kepulauan Riau  sebagai tanda untuk berjuang lebih keras untuk mewujudkan "Ekonomi Pulih, Kepri Sejahtera”.

"Langkah kita hari ini sudah semakin serentak, laju Perahu kita pun sudah semakin cepat. Namun, kita belum berlabuh sampai di garis akhir. Kita akan terus bersama-sama dalam berkontribusi untuk menghadapi tantangan-tantangan," papar Nizar.  (Syaf)



Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel