Bupati Zukri Buka Pelalawan Job Fair 2023 , PT Musim Mas Ikut Berpartisipasi - Info Kepri -->
Trending News
Loading...

Bupati Zukri Buka Pelalawan Job Fair 2023 , PT Musim Mas Ikut Berpartisipasi

Bupati Pelalawan H Zukri (kiri) memberikan Piagam Penghargaan Kepada Perwakilan PT Musim Mas Malinton Purba.di halaman Dinas Kantor Tenaga Kerja, komplek Bahkti Praja, Kamis (24/8) (Supryadi/Infokepri.com)


By Supryadi

PELALAWAN, Infokepri.com – Sekitar 15 perusahaan dan 1 rumah sakit ikut berpartisipasi pada Job Fair 2023 yang digelar oleh Pemerintah Kabupaten Pelalawan. Pada Job Fair 2023 ini jumlah lowongan pekerjaan (loker) yang tersedia sekitar 732 lowongan.

Pelalawan Job Fair 2023 ini dibuka secara langsung oleh Bupati Pelalawan H. Zukri pada Kamis (24/8) di halaman Dinas Kantor Tenaga Kerja, komplek Bahkti Praja.

Begitu dibuka ribuan pelamar berbondong-bondong memadati lokasi Pelalawan Job Fair 2023.  Sebelum ke lokasi Pelalawan Job Fair 2023 para pencari kerja terlebih dahulu mendaftar di Aplikasi SIAP KERJA.

Bupati Pelalawan H. Zukri mengatakan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pelalawan terus berupaya melakukan terobosan untuk mengurangi tingkat pengangguran di Kabupaten Pelalawan. 

"Untuk mengurangi tingkat pengangguran hari ini Pemkab Pelalawan membuka Job Fair 2023 bekerjasama dengan beberapa perusahaan yang beroperasi di Kabupaten Pelalawan," kata Bupati Pelalawan.

Ia juga mengimbau kepada seluruh masyarakat, jika ingin mengetahui informasi tentang lowongan pekerjaan yang ada di perusahaan bisa mengakses aplikasi yang sudah disediakan oleh Pemerintah Kabupaten Pelalawan yaitu "Klik Pelalawan".

“ Jadi tidak perlu repot-repot lagi untuk datang ke kantor Dinas Tenaga Kerja untuk mengetahui Lowongan Pekerjaan,” katanya. 



"Ke depannya Disnaker harus bisa memikirkan sebuah terobosan untuk memudahkan para pencari kerja dengan menggunakan Aplikasi Klik Pelalawan. Saat sekarang ini semuanya sudah ada di dalam genggaman, " himbaunya.

Dikatakan Zukri, manfaat Aplikasi Klik Pelalawan agar memberikan kemudahan kepada para pencari kerja tanpa harus berbondong-bondong lagi datang ke Job Fair Disnaker.

"Cukup melalui Aplikasi, masukan lamaran, membuat kartu kuning pencari kerja atau sekarang dinamakam dengan nama AK1, " katanya.

Lebih lanjut Bupati juga mengatakan di dalam Aplikasi Klik Pelalawan Perusahaan yang ada di Kabupaten Pelalawan juga harus aktif dalam mempromosikan lowongan pekerjaan yang ada di perusahaannya. Jadi para pencari kerja ini dengan mudah mendapatkan informasi tentang lowongan pekerjaan.

"Semoga tahun depan seluruh perusahaan yang ada di Kabupaten Pelalawan bisa bekerjasama dalam penerima tenaga kerja," tutup Zukri.

Sementara itu Kepada Dinas Tenaga Kerja Kabupaten Pelalawan Amri Fuad menyampaikan kegiatan Pelalawan Job Fair 2023 ini merupakan upaya pemerintah dalam menekan angka pertumbuhan jumlah pengangguran di Pelalawan. Dimana pada tahun 2022 Disnaker membuka sebanyak 500 lebih lowongan pekerjaan. Sedangkan untuk tahun 2023 ini Disnaker Pelalawan bekerja sama dengan Perusahaan membuka lebih dari 700 lowongan pekerjaan.

Artinya ada peningkatan jumlah lowongan pekerjaan yang bisa dimanfaatkan para pencari kerja. Harapannya untuk menekan pertumbuhan jumlah angka pengangguran di Kabupaten Pelalawan.

Persyaratan yang perlu disediakan para pencari kerja, yakni Surat Lamaran, Kartu Pencari Kerja/AK1, CV/Daftar Riwayat Hidup, Ijazah Terakhir, KTP/KK, Pas Photo 3x4 5 lembar, Sertifikat Kompetensi (sesuai lowongan yang dipilih), SKCK (sesuai kualifikasi perusahaan).

Pada kesempatan yang sama salah satu perwakilan perusahaan PT. Musim Mas  Malinton ketika ditemui sejumlah awak media mengatakan untuk PT. Musim Mas pada Pelalawan Job Fair 2023 ini menyediakan lowongan pekerjaan untuk sebanyak 40 orang. Terdiri dari lowongan pemanen sebanyak 29 orang, perawat kebun, terdiri dari 3 orang laki-laki dan 6 orang perempuan, sedangkan untuk tenaga keamanan atau Satpam sebanyak 4 orang.

"Untuk penempatan kerja bagi para pekerja yang baru di terima nanti akan kita tempatkan di Kebun PT. Musim Mas di Kabupaten Pelalawan," tandasnya. (Adi)

Editor : P Sipayung



Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel