Babinsa R Damanik Sosialisasikan Dampak Karhutla - Info Kepri -->
Trending News
Loading...

Babinsa R Damanik Sosialisasikan Dampak Karhutla

Babinsa R Damanik Sosialisasikan Dampak Karhutla
Babinsa Desa Sepempang Sertu R Damanik, saat mensosialisasikan dampak buruk Karhutla kepada masyarakat di RT 04/RW 03 Batu Belian, Sabtu (20/04/2024)  (Fhoto : Bernard S/Infokepri.com).

By Bernard.S
NATUNA, Infokepri.com
- Dalam upaya mencegah kebakaran hutan (Karhutla), Babinsa Desa Sepempang Sertu R Damanik, Personil Koramil 01/Ranai Kodim 0318/Natuna, sosialisasikan dampak dan bahaya Karhutla kepada masyarakat di RT 04/RW 03 Batu Belian, Desa Sepempang, Kecamatan Bunguran Timur, Sabtu (20/04/2024).

Dikatakan Sertu R Damanik, kebakaran hutan dan lahan adalah kejadian yang sering terjadi di sebagian wilayah kering dan memiliki dampak serius terhadap lingkungan dan manusia.

"Hal ini biasanya disebabkan oleh faktor seperti cuaca kekeringan akibat musim kemarau yang berkepanjangan, aktivitas manusia seperti pembakaran hutan ilegal, atau faktor alam seperti petir," ujarnya.

Dalam kesempatan kali ini, Sertu R Damanik berkesempatan mensosialisasikan dampak dan bahaya yang ditimbulkan akibat kebakaran hutan dan lahan.

Sertu R Damanik menjelaskan, Karhutla menyebabkan dampak kerugian yang sangat besar, selain materil juga terhadap kesehatan, dan hubungan bilateral dengan negara tetangga akibat asap lintas batas negara.

Untuk meminimalisir dan mencegah Karhutla, ia mengimbau seluruh komponen masyarakat untuk tidak membuka lahan pertanian/perkebunan dengan cara membakar.

Selain itu, ia juga mengajak masyarakat untuk bersama-sama peduli terhadap lingkungan masing-masing dengan tidak membuang puntung rokok sembarangan di semak belukar yang lagi kering, serta menghindari pembakaran sampah disekitar lingkungan pemukiman.

"Untuk menghindari karhutla yang semakin luas, mari kita sama-sama peduli terhadap lingkungan masing-masing dengan tidak membuka lahan pertanian/perkebunan dengan cara membakar," pungkasnya.

Selanjutnya, ia mengimbau seluruh masyarakat, apabila ada potensi kebakaran hutan dan lahan agar segera menghubungi Babinsa, Bhabinkamtibmas, aparat desa, atau aparat terkait lainnya untuk segera mengambil tindakan pemadaman. (Nard).

= ADAPTIF, PROFESIONAL DAN DICINTAI RAKYAT =


Editor : P Sipayung

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel