Presiden RI Akan Membuka KTT Kelapa Ke 2 dan Peletakan Batu Pertama Pembangunan Museum Timah - Info Kepri -->
Trending News
Loading...

Presiden RI Akan Membuka KTT Kelapa Ke 2 dan Peletakan Batu Pertama Pembangunan Museum Timah


LINGGA, Infokepri.com  – Kepala Dinas Pekerjaan Umum Penataan Ruag, Perumahan dan Kawasan Pemukiman (DPUPR-PKP) Lingga, Said Nursyahdu mengatakan kunjungan kerja Presiden RI Joko Widodo ke Kabupaten Lingga selain membuka Konfrensi Tingkat Tinggi (KTT) Kelapa ke-2 pada awal Oktober 2018 mendatang, Presiden RI, Joko Widodo juga dijadwalkan untuk melakukan peletakan batu pertama pembangunan Museum Timah di kompleks Eks perkantoran PT Timah (Implasemen) Dabo Singkep, Lingga.

” Saat ini DPUPR Lingga sedang melakukan pembongkaran bangunan di implasemen. Rencananya dilokasi ini nantinya akan dibangun Museum Timah yang peletakan batu pertamanya dijadwalkan dilakukan Presiden RI, sempena kunjungan kerja meresmikan KTT Kelapa,” kata DPUPR-PKP kabupaten Lingga, Said Nursyahdu, dikutip wartakepri.com, Senin (11/9/2018).
Ia menyebutkan dilokasi tersebut selain museum, juga dibangun Tugu Timah dan pembangunan museum dan tugu ditimah itu sejalan dengan rencana Pemkab Lingga menjadikan kawasan implasemen sebagai Kawasan Singkep Bisnis Centre (SBC).
Pembangunan museum itu, katanya, akan dibiayai oleh PT. Timah Tbk sedangkan tugu timah menggunakan dana APBD Lingga tahun 2019.
Lebih lanjut disebutkannya, awalnya Pemkab Lingga merencanakan pembangunan SBC dikawasan impalasemen itu. SBC ini dilengkapi dengan taman dan berbagai fasilitas umum lainnya, namun diusulkan untuk dibangun Museum Timah, dengan tugu sebagai lambang kejayaan masa pertambangan timah di Pulau Singkep.
Secara detail ia menjelaskan pembangunan dimulai dengan pembangunan jalan lingkar di kawasan tersebut. Jalan dibangun dengan dua ruas. Seiring kedatangan presiden dan rencana pembangunan museum pekerjaan pembongkaran gedung lama sebagai lokasi museum digesa dan saat ini telah 80 persen bangunan dibongkar.
Ia menyebutkan ada 10 bangunan bekas kantor PT Timah saat beraktivitas di Singkep. Lokasi ini telah menjadi aset Pemkab Lingga sejak dihibahkan PT Timah karena tidak lagi beraktivitas.
Pemkab Lingga akan menjadikan kawasan itu menjadi kawasan terpadu, pasar modern, kantor, taman bermain dengan berbagai fasilitas umum yang disiapkan.
(wk/syaf)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel