Tampil Perdana, “Kecabai” Harumkan Nama Asahan Meraih Juara III di Pentas Metra Pertunra Provsu - Info Kepri -->
Trending News
Loading...

Tampil Perdana, “Kecabai” Harumkan Nama Asahan Meraih Juara III di Pentas Metra Pertunra Provsu




ASAHAN, Infokepri.com -
Berbicara tentang keberadaan seni pertunjukan tradisional, kita ketahui bersama saat ini kondisinya mengalami penurunan yang cukup signifikan itu disebabkan oleh derasnya pengaruh keberadaan sarana komunikasi dan informasi di era digital yang saat ini memberi efek yang cukup besar terhadap keberadaan seni pertunjukan tradisional .

Ketiadaan faktor penyangga baik dalam bentuk dana, kemampuan maupun regenerasi juga menambah rentetan panjang kemunduran kuantitas penampilan kesenian tradisional di tengah masyarakat. Seiring berjalannya waktu, grup kesenian tradisional juga semakin tergerus dengan munculnya kesenian modern yang lebih mudah diakses oleh masyarakat .

Sebagai salah satu media tatap muka langsung dengan masyarakat sekaligus ajang pelestarian seni pertunjukan tradisional, Pemerintah Provinsi Sumatera Utara menggelar Lomba Pementasan Media Tradisional Pertunjukan Rakyat (Metra Pertunra) Sumatera Utara, Selasa, 16 Oktober 2018.

Kegiatan yang diselenggarakan di Gelanggang Mahasiswa USU Medan tersebut juga diikuti oleh perwakilan dari seluruh Kabupaten / Kota yang berada di Provinsi Sumatera Utara.

Kegiatan tersebut juga terasa sangat bermakna bagi Kabupaten Asahan karena penampilan perdana Kabupaten Asahan yang dipimpin Bupati Asahan Drs. H. Taufan Gama Simatupang, MAP dan Wakil Bupati H. Surya, Bsc tersebut dapat meraih prestasi yang cukup membanggakan .

Penampilan yang cukup apik dari FK Metra Pertunra “Kecabai” binaan Dinas Kominfo Kabupaten Asahan pada ajang tersebut berhasil meraih peringkat 3 dari 15 kelompok Media Tradisional perwakilan dari Kabupaten / Kota se Provinsi Sumatera Utara .

Lakon dengan judul Lubuk Emas yang disutradarai oleh Mahzailuddin dari Metra “Kecabai” Kabupaten Asahan berhasil memikat hati dewan juri pada perlombaan yang dibuka oleh Kadis Kominfo Propsu Drs. H. Mhd. Fitriyus, SH, MSP tersebut .

Keberhasilan kelompok Kabupaten Asahan dalam lomba tersebut juga tidak terlepas dari penampilan yang cukup baik dari Putri Nurul Hakiki bersama tim yang mampu menginterpretasikan lakon yang menceritakan tentang kisah cinta dari seorang Putri dari Kerajaan Teluk Dalam yang berada di wilayah Kabupaten Asahan

"Kami merasa bersyukur dan bergembira atas keberhasilan yang diraih dengan penuh kerja keras dan dukungan dari berbagai pihak khususnya Pemerintah Kabupaten Asahan, "sebut Budi Hardiansyah kordinator kelompok dari Kecamatan Tanjungbalai, Kabupaten Asahan .

Selanjutnya, Budi Hardiansyah juga mengucapkan terima kasih kepada seluruh elemen baik dari tingkat Desa, Kecamatan maupun masyarakat yang telah mendukung FK Metra “Kecabai” terlebih Dinas Kominfo Asahan, dibawah kepemimpinan Rahmat Hidayat Siregar, S.Sos, M.Si melalui Kabid Komunikasi Media Cetak dan Elektronik Arbin Ariadi Tanjung, SE yang telah membina dan memfasilitasi Kelompok ini sehingga dapat mengikuti dan mendapat peringkat ketiga dalam ajang yang cukup bergengsi di Sumatera Utara, "ungkapnya .

Sementara itu menanggapi keberhasilan FK Metra Kecabai, Kadis Kominfo Kab. Asahan Rahmat Hidayat Siregar, S.Sos, M.Si mengucapkan terima kasih atas kerja keras dan keberhasilan FK Metra “Kecabai” yang telah mengharumkan nama Kabupaten Asahan dalam ajang bergengsi itu .

"Saya berharap keberhasilan ini dapat terus ditingkatkan serta menjadi penyemangat bagi kelompok Media Tradisional lainnya yang ada di Kab. Asahan untuk tetap melestarikan Kesenian Tradisional, "ajaknya .

"Pemkab Asahan akan lebih memperhatikan kelompok media tradisional yang ada dengan cara memberikan porsi anggaran yang memadai serta mengajak seluruh elemen baik dari pemerintah, swasta maupun masyarakat untuk melestarikan kesenian tradisional sehingga dapat bersaing di era digital saat ini, "ujar Rahmat Hidayat Siregar menambahkan . (GUS)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel