Redaksi dan Pemasaran Telp (0812)70197866,| Email: paruliankepri@yahoo.com
» » » » KAL Mapor II-4-64 Berhasil Memadamkan Kapal MV Aventador Yang Terbakar



BATAM, Infokepri.com – Satuan Kapal Patroli (Satrol) Pangkalan Utama Angkatan Laut (Lantamal) IV Tanjungpinang yakni Kapal Angkatan Laut (KAL) Mapor II-4-64 berhasil memadamkan api yang membakar kapal MV. Aventador yang terbakar saat lego jangkar di Perairan Batuampar Batam, Kepulauan Riau (Kepri), Sabtu(15/12/2018).

Kronologis kejadian  tersebut terjadi saat KAL Mapor II-4-46 sedang melaksanakan patroli di Perairan Pulau Sambu kemudian menerima informasi lewat radio VTS Batam bahwa telah terjadi kebakaran sebuah kapal di Perairan Batuampar, Batam. Berdasarkan informasi tersebut KAL Mapor II-4-46 segera memuju ke lokasi dan terlihat secara visual asap memgepul dari sebuah kapal di perairan tersebut.
 
Setelah KAL Mapor II-4-46 tiba pada posisi 01 09 l.872 Lintang Utara dan 103 58.619 Bujur Timur diketahui asap yang memgepul berasal dari MV. Aventador yang terbakar posisi lego jangkar di Perairan Batuampar, Batam. Kebakaran tersebut terjadi di Buritan Kapal Dek II (kamar tidur ABK).

Selanjutnya Komandan KAL MAPOR II-4-64 Kapten Laut (P) Bayu Indra Wirawan langsung memerintahkan untuk melakukan pemadam dengan mengerahkan anggota Tim Pemadam Kebakaran (PEK) menggunakan sistem hidrant yang berada di atas kapal. Selang beberpa waktu  kebakaran di KM. Aventador dapat dikuasai dan api dapat dipadamkan.

“Selanjutnya Tim PEK KAL Mapor II-4-46 melakukan pengecekan ke bagian dalam kapal dan mencari titik-titik api sampai dinyatakan api di KM. Aventador dinyatakan benar-benar padam, selanjutnya Tim PEK ditarik kembali ke KAL Mapor II-4-46,” ujarnya.

Dibeberkannya, berhasil melakukan pemadaman pihaknya melakukan pendataan dan diperoleh keterangan bahwa MV. Aventador mempunyai ABK 5 orang Warga Negara Indonesia.

“Kapal tersebut berbendera Mongolia dan berbobot 296 GT tanpa muatan. Kapal lego jangkar di Perairan Batu Ampar, Batam dalam rangka memperpanjang dokumen dan perbaikan palka kapal,”tuturnya.

Diungkapkannya, dalam proses pemadaman MV. Aventador tersebut selain KAL Mapor II-4-46 juga turut membantu diantaranya Sea Rider Lanal Batam, KPLP 330, KPLP 376, Kapal KN SAR Purwerejo dan Speed Boat KP Baladewa. (Penlantamal IV)

About Redaksi News

Info Kepri Memberitakan Dengan Akurat dan Terpercaya.
«
Next
Newer Post
»
Previous
Older Post

No comments:

Terima kasih atas Kunjungan Anda