Redaksi dan Pemasaran Telp (0812)70197866,| Email: paruliankepri@yahoo.com
» » » » Kapolda Kepri Menutup Pendidikan Pembentukan Bintara Polri Perbatasan TA 2018/2019



KARIMUN, Infokepri.com
– Kapolda Kepri, Irjen Pol Andap Budhi Revianto,SIK memimpin upacara penutupan pendidikan Pembentukan Bintara Polri Perbatasan Tahun Anggaran (TA) 2018 – 2019 yang digelar di Sekolah Polisi Negeri (SPN) Kepri, Tanjung Batu, Karimun, Senin (4/3/2019).

Upacara itu juga dihadiri oleh Gubernur Kepri, Nurdin Basirun, Ketua DPRD Kepri, Jumaga Nadeak, para pejabat utama Polda Kepri, para Kapolres jajaran Polda Kepri, Ka SPN Polda Kepri, Kapolres Karimun, FKPD provinsi Kepri, para orang tua Bintara Remaja Polri dan para Bintara Remaja Polri.

Dalam pelaksanaan Upacara, Kapolda Kepri didampingi oleh Gubernur Provinsi Kepri, Nurdin Basirun,  Ka SPN,  TNI   dan   Forkopinda   melakukan   pemeriksaan   pasukan   Upacara.  
 
Selanjutnya Pernyataan penutupan pendidikan oleh Kapolda Kepri selaku Inspektur   Upacara. Pemberian Penghargaan kepada  siswa Cendikia, Tertabah, Trengginas, dan Teladan sebagai berikut :
  1.  Bripda Suandy Fernando Sianturi dengan nilai 72,71 penghargaan sebagai Siswa Cendikia.
  2.  Bripda Sabda Supadli Hutagaol dengan nilai 75,02 Penghargaan sebagai siswa Tertabah.
  3.  Bripda   Oktaviandi   Rezki   dengan   nilai   87,85   Penghargaan   sebagai   siswa   Trengginas   dan dengan nilai 76,42 Penghargaan sebagai siswa Teladan

Selanjutnya Kapolda Kepri membacakan Pengambilan sumpah  dan janji  yang diikuti oleh 160  Bintara remaja yang dilantik pada hari ini.

 “Alhamdullilah pada hari ini dilantik semua lengkap tanpa kejadian yang berarti,  jumlah    160 siswa yang dilantik terdiri dari 150 Bintara Tugas Umum dan 10 Bintara Penugasan Khusus yang mana seluruhnya berasal dari Kepri,” kata Kapolda Kepri.

 
Adapun 160 Bintara itu dengan rincian : dari Batam sebanyak  90 Bintara remaja, Tanjungpinang  28  Bintara,  Bintan 12  Bintara, Karimun  18 Bintara,  Natuna  7  Bintara,  Lingga  4 Bintara dan Anambas 1 Bintara.

“ Semoga untuk kedepannya untuk tiap daerah dapat merata dalam penerimaan anggota Polri,” harap Kapolda Kepri.

Dalam Amanat Kepala Kepolisian Negara Republik Indonesia Jenderal Polisi Prof. H. Muhammad Tito Karnavian, Ph.D yang dibacakan oleh Kapolda Kepri menyampaikan pada kesempatan yang penuh dengan kehormatan, kebanggaan, dan kebahagiaan ini, saya mengucapkan selamat kepada 8.389 Bintara  remaja, terdiri atas 7.991 pria dan 398 wanita, yang telah berhasil menyelesaikan pendidikan pembentukan.

Bintara Polri yang berlangsung selama 7 (tujuh) bulan dan berhak menyandang pangkat Brigadir Polisi Dua. Keberhasilan saudara dalam mengikuti dan menyelesaikan pendidikan, merupakan anugerah Allah SWT yang harus senantiasa saudara syukuri. 

Puluhan ribu pemuda dan pemudi diseluruh tanah air memiliki cita-cita menjadi anggota   Polri.   Namun demikian, hanya sebagian kecil dari mereka yang mendapatkan kesempatan untuk mengikuti pendidikan dan dilantik menjadi anggota Kepolisian Negara Republik Indonesia.

Keberhasilan saudara menyelesaikan pendidikan pembentukan Bintara Polri, tidak terlepas dari doa dan dukungan keluarga. Perjuangan orang tua untuk mengasuh dan mendidik saudara hingga berhasil seperti saat ini, tidak boleh dilupakan. Oleh karena itu, ucapkan terima kasih atas perjuangan dan doa orang tua. 

Berjanjilah kepada mereka untuk senantiasa menjadi personel Polri yang berprestasi, menjaga kehormatan diri dan institusi, serta menjadi teladan dan kebanggaan bagi masyarakat, bangsa, dan negara.

Polri selaku penanggung jawab pemeliharaan keamanan dalam negeri, terus berupaya untuk     merebut   kepercayaan   publik   melalui   peningkatan   Profesionalisme   dan   Modernisasi.   Upaya   tersebut diterapkan melalui 3 (tiga) kebijakan utama Promoter, yaitu Peningkatan Kinerja, Perbaikan Kultur, serta Manajemen Media.
 

Implementasi Program Promoter telah menunjukkan hasil yang cukup efektif. Dalam   kaitan   tersebut,   saudara   akan   langsung   dihadapkan   kepada   tugas   Pengamanan   Pemilu    Tahun 2019,  yang tahapan pelaksanaannya tengah berlangsung saat ini. Pemilu Tahun 2019 memiliki karakteristik yang khas dengan segenap potensi kerawanan yang menyertainya. Polri bersama dengan TNI dan seluruh pemangku kepentingan, bekerja kerasdan mengerahkan segenap sumber daya yang dimiliki, untuk mewujudkan pemilu tahun 2019 yang aman, lancar, dan damai. Oleh karena itu, para Bintara remaja sebagai salah satu elemen terdepan dalam pengamanan Pemilu Tahun 2019, harus mampu melaksanakan tugas dengan   optimal.  
 
Persiapkan diri dengan  baik, beberapa penekanan untuk dipedomani dan dilaksanakan oleh para Bintara remaja sebagai berikut:
  • Senantiasa tingkatkan keimanan dan ketakwaan terhadap Tuhan Yang Maha Esa, sebagai bekal alam pelaksanaan tugas;
  • Pegang teguh serta amalkan nilai-nilai  luhur Tribrata dan  Catur  Prasetya  sebagai pedoman dalam setiap  langkah   pengabdian  Insan  Bhayangkara   sejati.   Laksanakan  setiap   tugas  yang diemban dengan penuh semangat, tanggung jawab, dan keikhlasan;
  • Terus kembangkan pengetahuan  dan keterampilan   dalam   mendukung   pelaksanaan   tugas. Jangan pernah berhenti untuk belajar, berlatih, dan menuntut ilmu.
  • Senantiasa menjaga nama baik serta kehormatan diri, keluarga, dan Institusi. Hindari segala pelanggaran disiplin, pelanggaran kode etik profesi Polri, maupun pelanggaran pidana.
Selesai pelaksanaan Upacara, Kapolda Kepri mempersilahkan para oang tua Bintara Remaja untuk  memasuki lapangan Upacara dan menjumpai Putra nya, tampak suasana suka cita dan juga haru saat para orang tua jumpa dengan anaknya yang saat ini telah resmi menjadi anggota Polri, suasana haru juga tampak saat salah seorang Bintara remaja bersujud di kaki ibunya, ucapan syukur atas usaha dan jerih payah menjalani pendidikan dan terpisah dari keluarga tercinta.

Selanjutnya dilaksanakan pertunjukkan keterampilan para Bintara remaja seperti Defile, Bongkar Pasang Senjata dengan mata tertutup, Senam Rubber Boat, Atraksi Bela Diri, dan   Simulasi Pengamanan Pemilu dengan Peragaan Dalmas (Pengendalian Massa).
 
Hal ini dapat dilaksanakan bahwa para Bintara-Bintara Remaja telah siap bertugas sebagai anggota Polri dan nantinya akan siap dalam agenda Pengamanan Pemilu Tahun 2019.
  
(Humas Polda Kepri)

About Redaksi News

Info Kepri Memberitakan Dengan Akurat dan Terpercaya.
«
Next
Newer Post
»
Previous
Older Post

No comments:

Terima kasih atas Kunjungan Anda