Redaksi dan Pemasaran Telp (0812)70197866,| Email: paruliankepri@yahoo.com
» » » Tim Penilaian PHBS Nasional Kunjungi Desa Buntu Pane



ASAHAN, Infokepri.com
- Tim penilaian lomba Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) tingkat Nasional melakukan kunjungan dan evaluasi di Desa Buntu Pane, Kecamatan Buntu Pane, Rabu (10/4/2019).

Kunjungan tim penilai dan evaluasi yang dipimpin oleh ketua tim,  Laksmi beserta rombongan langsung disambut Wakil Bupati Asahan Surya Bsc didampingi Ketua TP PKK Kabupaten Asahan Winda Fitrika Taufan Gama Simatupang dan pejabat Pemkab Asahan.

Pada kesempatan itu, ketua tim penilaian PHBS Nasional dr. Laksmi menyampaikan, penilaian PHBS di Kabupaten Asahan setelah melakukan evaluasi bersama antara Promkes dan TP PKK Pusat tentang laporan lomba PKK KB kesehatan.

"Kabupaten Asahan salah satu perwakilan Provinsi Sumatera Utara yang masuk nominasi lomba perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS),” katanya.

Selanjutnya ia mengatakan, penguatan PHBS di Kabupaten Asahan khususnya disetiap desa jika berjalan dengan baik dan benar dapat mencegah Stunting di masyarakat serta dapat meningkatkan derajat kesehatan keluarga.

Sementara itu, Wakil Bupati Asahan Surya Bsc menyampaikan, Desa Buntu Pane merupakan salah satu desa yang terdiri dari 12 dusun dengan jumlah penduduk sebanyak 3.495 jiwa atau 952 kepala keluarga yang mayoritas dari suku Jawa sebanyak 77,75 % dengan mata pencaharian masyarakatnya bertani.

Ia juga mengatakan, Desa Buntu Pane adalah desa binaan PHBS sejak tahun 2017, karena pada tahun 2017 Desa Buntu Pane merupakan desa dengan angka DBD tertinggi nomor 2 di Kabupaten Asahan.

"Pemkab Asahan bersama masyarakat Desa Buntu Pane sejak saat itu terus melakukan perbaikan diri dan lingkungan, sehingga dicapai angka cakupan PHBS pada tahun 2018  di Desa Buntu Pane sebesar 100%, "kata Surya Bsc.

Senada juga disampaikan Ketua TP PKK Kabupaten Asahan Winda Fitrika Taufan Gama Simatupang mengatakan, TP PKK Asahan telah menerapkan indikator yang telah ditetapkan pada pelaksanaan PHBS yang diterapakan dalam kehidupan setiap hari.

"Penerapan PHBS dikehidupan setiap hari dapat meningkatkan pola hidup pada keluarga menjadi lebih sehat, "sebutnya.

Kesempatan itu juga, tim evaluasi penilaian PHBS Nasional melaksanakan monitoring langsung ke setiap rumah penduduk. (GUS)

About Realitasnews.com

Info Kepri Memberitakan Dengan Akurat dan Terpercaya.
«
Next
Newer Post
»
Previous
Older Post

No comments:

Terima kasih atas Kunjungan Anda