Tingkatkan Pelayanan di MPP, Pemko Batam Kerja Sama Dengan BSSN Pemamfaatan Sertifikat Elektronik - Info Kepri -->
Trending News
Loading...

Tingkatkan Pelayanan di MPP, Pemko Batam Kerja Sama Dengan BSSN Pemamfaatan Sertifikat Elektronik



BATAM, Infokepri.com – Walikota Batam H Rudi.SE diwakili oleh Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Batam, Salim meneken perjanjian kerja sama dengan Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN) dalam hal ini Balai Sertifikasi Elektronik (BSEr) untuk pemanfaatan sertifikat elektronik atau certificate authority di Depok, Rabu (16/10/2019).

Salim menyebutkan kerja sama itu akan digunakan untuk pelayanan perizinan online (daring) di Mal Pelayanan Publik (MPP) Batam.

Atas nama Pemko Batam, Salim mengucapkan terima kasih atas dukungan BSEr BSSN melalui perjanjian kerja sama ini. Karena dalam rangka penerapan Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE) memerlukan sertifikat elektronik ini.

“Untuk menjalankan rekomendasi Korsupgah KPK juga diperlukan penerapan tanda tangan elektronik. Dengan penerapan ini semoga pelayanan semakin cepat, efisien, dan efektif,” ujarnya.

Sekretaris Utama BSSN, Syahrul Mubarak mengatakan SPBE ini bertujuan untuk mewujudkan tata kelola pemerintah yang berkualitas dan terpercaya. Salah satu prinsip penerapan SPBE adalah keamanan.

“Keamanan menjadi unsur penting dari layanan SPBE yang terintegrasi. Penerapan SPBE memerlukan implementasi teknologi yang aman agar mampu meningkatkan kepercayaan stakeholder,” kata Syahrul.

BSSN, sambungnya, siap memberikan dukungan pengamanan pada SPBE. Bentuk pengamanannya adalah dengan pemanfaatan sertifikat elektronik.

Karena sertifikat elektronik ini mengedepankan lima prinsip. Yakni kerahasiaan, keutuhan, ketersediaan, keaslian, dan kenirsangkalan data.

“Harapannya bisa menciptakan pelayanan yang lebih fleksibel dan mampu mendorong keakuratan data yang tersedia,” kata dia.

Syahrul berpesan, Dinas Kominfo harus diberi mandat untuk menjaga keberlangsungan sistem. Kerja sama BSSN dengan enam pemerintah daerah ini merupakan bentuk sinergi dan kolaborasi dalam rangka menciptakan keamanan siber dan informasi. Sehingga pengamanan sistem elektronik ini berjalan baik. (MC)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel