Tanggulangi Covid-19, Pramuka Batam Ambil Peran - Info Kepri -->
Trending News
Loading...

Tanggulangi Covid-19, Pramuka Batam Ambil Peran


BATAM, infokepri.com - Gerakan Pramuka Kwartir Cabang Batam ikut serta mengambil peran dalam upaya penanggulangan wabah pandemi Covid-19. Senin, (08/06/2020)

Ketua Kwartir Pramuka Kota Batam, Amsakar Achmad mengatakan Gerakan Pramuka harus lebih nyata untuk membantu pemerintah memutus rantai penyebaran Covid-19.

"Pemerintah tidak bisa sendiri tanpa ada komitmen masyarakat untuk memutus rantai penyebaran Covid-19,” katanya di Dataran Engku Putri, Batam Centre - Batam (7/6).

Hal itu sejalan dengan instruksi Gerakan Pramuka Kwartir Nasional. Karena itu pihaknya mengajak seluruh anggota Pramuka untuk mengedukasi masyarakat pentingnya mematuhi protokol kesehatan.

Dijelaskan Amsakar saat ini sudah ada sekitar 154 orang di Batam yang telah dinyatakan positif Covid-19, dari jumlah tersebut sebanyak 109 orang diantaranya adalah orang tanpa gejala (OTG).

Menurutnya OTG tersebut sangat berpotensi menularkan kepada masyarakat lainnya jika tidak segera dilakukan penanganan. Itu sebabnya masyarakat perlu menerapkan dan menjalankan protokol kesehatan, tidak hanya dapat melindungi diri sendiri tapi juga dapat melindungi keluarga serta orang lain.

Dijelaskannya, bahwa dibutuhkan kesadaran kolektif untuk memutus rantai penyebaran Covid-19. "Karena itu saya bangga Gerakan Pramuka di Batam bisa ambil peran untuk mengedukasi masyarakat Batam," jelasnya.

Berikutnya, Ketua Pramuka Perduli Kota Batam, Jefridin mengatakan sebagaimana intruksi Kwartir Nasional bahwa Gerakan Pramuka harus ambil peran membantu pemerintah mengedukasi masyarakat.

Karena itu untuk di Batam pihaknya telah melakukan beberapa kegiatan untuk memutus rantai penyebaran Covid-19, diantaranya telah turun langsung ke pasar-pasar tradisional, tak hanya mengedukasi masyarakat tapi juga membagikan masker untuk masyarakat.

Hal itu dilakukan sebagai salah satu bentuk pengabdian masyarakat Kota Batam. "Anggota Pramuka harus memberikan edukasi dan contoh bagi masyarakat," terangnya.

Ia melanjutkan, Gerakan Pramuka Kwartir Cabang Batam juga diminta untuk membantu Kantor Pos saat pemanyaluran Bantuan Sosial Tunai (BST) dari pemerintah.

Nantinya beberapa anggota Pramuka ditempatkan di kantor pos untuk mengedukasi masyarakat yang datang agar tetap menjaga jarak dan menggunakan masker.

"Ada beberapa kantor pos yang akan mendistribusikan BST. Ada suratnya meminta bantuan Pramuka untuk membantu menerapkan sosial distancing," tutupnya. (MC/AP)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel