MTQ Ke 30, Pemko Batam Pastikan Tetap Dilaksanakan - Info Kepri -->
Trending News
Loading...

MTQ Ke 30, Pemko Batam Pastikan Tetap Dilaksanakan

Rapat Persiapan MTQ Batam 2020
BATAM, Infokepri.com - Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Batam, Jefridin Hamid, memastikan pelaksanaan Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) ke-30 tingkat Kota Batam. Sabtu, (18/07/2020)

"Sesuai rencana, MTQ tahun ini dilaksanakan pada 24-29 Agustus 2020. Untuk lokasi, kita pusatkan di Dataran Engku Putri. Ini perlu persiapan matang, karena pelaksanaan ini dilaksanakan di saat Batam sedang beradaptasi dengan kehidupan normal baru di tengah pandemi Covid-19," katanya.

Hal tersebut, di sampaikannya saat memimpin rapat persiapan pelaksanaan MTQ tingkat kota Batam, di Ruang Hang Nadim, (17/7) Kator Wali Kota Batam, Batam Centre - Batam.

Dalam pelaksanaannya nanti, lanjutnya mempertimbangkan protokol kesehatan bagi peserta maupun tamu yang menyaksikan. Jadi, panitia memastikan penggunaan masker hingga pengaturan jarak terutama kursi tamu. “Jangan sampai ada kerumunan, kita buat semeriah mungkin namun tetap patuh protokol kesehatan,” tegasnya.

Secara teknis, Sekdako Batam menjelaskan terdapat 10 cabang yang akan di pertandingakan, dan untuk MTQ kali ini mengusung tema ''Dengan MTQ XXX Tingkat Kota Batam Tahun 2020, Kita Tingkatkan Silaturahmi dan Raih Prestasi yang Gemilang Menuju Ihsan Qurani''.

Mulai dari, Cabang Seni Al-Qur’an dengan lima kategori; golongan tartil putra dan putri, golongan tilawah anak-anak putra dan putri, golongan remaja putra dan putri, golongan tilawah cacat netra putra dan putri, dan golongan tilawah dewasa putra dan putri. Qira’at Al-Qur’an hanya untuk golongan mujawwad dewasa putra dan putri.

Hafalan Al-Quran, lima kategori; golongan 1 juz tilawah putra dan putri, golongan 5 juz tilawah putra dan putri, golongan 10 juz tilawah putra dan putri, golongan 20 juz putra dan putri, serta golongan 30 juz putra dan putri.

Tafsir Al-Quran terdiri dari tiga kategori; golongan bahasa arab putra putri, golongan bahasa indonesia putra dan putri, golongan bahasa inggris putra dan putri. Syarh Al-Qur’an, cabang Fahm Al-Qur’an putra dan putri.

Seni Kaligrafi Al-Qur’an dengan empat kategori; golongan naskah putra dan putri, golongan hiasan mushaf putra dan putri, golongan dekorasi putra dan putri, golongan kontemporer putra dan putri. “Tiga cabang lainnya yang diperlombakan, MMQ putra dan putri, lomba stan bazar, dan lomba qasidah rebana," terangnya.

Untuk tahap awal, lanjutnya pendaftaran pada tanggal 20 Juli sampai 3 Agustus. Setelah itu, akan dilakukan verifikasi pada tanggal 4-8 Agustus, dan masa sanggah nggal 10-11 Agustus 2020.

Ia berharap, semua peserta yang menang nantinya benar-benar memiliki potensi yang bagus. Dimana pemenang menjadi perwakilan Batam di tingkat Provinsi. "Untuk MTQ tingkat Provinsi dilaksanakan pada tanggal 19-24 September 2020 di Tanjung Pinang," tutup Sekda Batam, Jefridin Hamid. (Mc/AP)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel