Babinsa Desa Tanjung Melakukan Komsos Bersama Warga Petani Kopra - Info Kepri

Info Kepri

Info Kepri

Search This Blog

Total Pageviews

Popular Posts

Follow by Email

Technology

Babinsa Desa Tanjung Melakukan Komsos Bersama Warga Petani Kopra

Babinsa Desa Tanjung Melakukan Komsos Bersama Warga Petani Kopra
Share it:

 

Babinsa Desa Tanjung Melakukan Komsos Bersama Warga Petani Kopra

NATUNA, Infokepri.com - Sebagai wujud dari kemanunggalan TNI dengan rakyat, Babinsa Desa Tanjung, Serda Yudi Teguh melaksanakan Komsos bersama Junaidi (59) agama Kong Hu Chu, petani kopra, warga Jalan Dewi Sartika, RT 03/RW 02 Dusun I Desa Tanjung, Kecamatan Bunguran Timur Laut, Sabtu (14/11/2020).

Babinsa Serda Yudi Teguh menyampaikan, tujuan kegiatan ini adalah untuk menjalin silaturrahmi guna mempererat hubungan keakraban dan kebersamaan sehingga tercipta hubungan yang baik antara Babinsa dengan warga binaan.

Dalam Komsos kali ini, Babinsa menyambangi Junaidi (59) salah seorang pengasap kelapa untuk dijadikan kopra sebagai bahan baku pembuat minyak kelapa.

Dalam pengerjaan pembuatan kopra tersebut,  Junaidi di bantu oleh 6 orang karyawannya yang berasal dari warga sekitar dengan tugas yang telah dibagi. Diantaranya ada yang bertugas mengupas buah kelapa, membelah, mencongkel dan menyalai kelapa dengan upah Rp 60.000/hari. 

Junaidi menyampaikan, untuk saat ini harga kopra Rp 5.500/kilogram, ia berharap kepada pemerintah agar bisa merangkul investor untuk mendirikan pabrik minyak kelapa kopra di Natuna sehingga harga kelapa bisa naik dan dapat membantu perekonomian masyarakat Natuna. 

Dengan tidak bosan-bosannya, Babinsa  menyampaikan kepada warga binaan agar selalu menjaga kesehatan, menjaga kebersihan lingkungan dan mematuhi protokol kesehatan yang berlaku saat ini yaitu dengan cara selalu memakai masker apabila beraktivitas di luar rumah, menjaga jarak antar yang satu dengan yang lainnya, mencuci tangan dengan sabun dan air yang mengalir, hindari kerumunan dan keramaian, guna  memutus penyebaran mata rantai Covid-19.

Dalam kesempatan ini, Junaidi bersama karyawannya mengucapkan terimakasih kepada Babinsa yang telah menyempatkan diri hadir untuk mendengarkan keluh kesah mereka sebagai petani kelapa.

Dan mereka berjanji akan mendengarkan semua arahan dan himbauan yang diberikan Babinsa kepada mereka, termasuk keselamatan kerja dan protokol kesehatan yang berlaku saat ini.

Ditempat terpisah, Dandim 0318/Natuna, Letkol Arm Asep Ridwan SH, M.Han, mengatakan, kegiatan ini merupakan wujud nyata kepedulian TNI untuk membangun kerukunan dan toleransi dalam kehidupan bermasyarakat, salah satunya dengan melakukan silaturrahmi dan komunikasi sosial.

"Selain itu dapat berguna untuk mencari solusi bersama guna memudahkan masyarakat dan Babinsa dalam menghadapi masalah yang ada sehingga dapat ditangani dengan mudah," kata Asep Ridwan.

Kegiatan ini merupakan kebijakan dari Pangdam I/BB Mayjend TNI Irwansyah MA, M.Sc yang disampaikan secara lisan kepada Danrem 033/WP Brigjend TNI Harnoto, S.Sos, bahwa Komsos merupakan sarana untuk memudahkan masyarakat dan Babinsa dalam menghadapi masalah yang timbul ditengah-tengah masyarakat.

“Hal ini seiring dengan tugas pokok TNI dalam Operasi Militer Selain Perang (OMSP) yaitu membantu Pemerintah Daerah untuk ikut berpartisipasi dalam perencanaan, penyiapan dan melaksanakan apa yang diinginkan pemerintah sebagai program unggulan mensejahterakan masyarakat dan mencerdaskan kehidupan bangsa," pungkas Dandim 0318 Natuna. (Nard).


    DARI NATUNA UNTUK INDONESIA

Share it:

Natuna

Post A Comment: