Babinsa Mukhlis Yendi Lakukan Komsos Dengan Pengiat Seni Budaya Desa Sebadai Ulu - Info Kepri

Info Kepri

Info Kepri

Search This Blog

Total Pageviews

Popular Posts

Follow by Email

Technology

Babinsa Mukhlis Yendi Lakukan Komsos Dengan Pengiat Seni Budaya Desa Sebadai Ulu

Babinsa Mukhlis Yendi Lakukan Komsos Dengan Pengiat Seni Budaya Desa Sebadai Ulu
Share it:

Babinsa Mukhlis Yendi Lakukan Komsos Dengan Pengiat Seni Budaya Desa Sebadai Ulu


NATUNA, Infokepri.com - Babinsa Desa Sebadai Ulu Serka Mukhlis Yendi, Personil Koramil 01/Ranai Kodim 0318/Natuna, melaksanakan Komsos bersama Hambali penggiat Seni Budaya Desa Sebadai Ulu, di Jalan Tualang Rindu RT 01/RW 02 Desa Sebadai Ulu, Kecamatan Bunguran Timur Laut, Kamis (25/02/2021).

Babinsa Mukhlis Yendi menyampaikan, Komsos ini dilaksanakan untuk mengetahui Seni Budaya Desa Sebadai Ulu, Kecamatan Bunguran Timur Laut, Kabupaten Natuna, dimana hingga saat ini Desa Sebadai Ulu masih melestarikan salah satu budaya yang masih aktif yaitu Seni Budaya Lesung - Alu.

Babinsa Mukhlis Yendi mengatakan, sesuai keterangan yang digali dari Hambali warga setempat, Lesung dan Alu ini terbentuk dari  pesta panen rakyat, kesenian ini merupakan gambaran suka cita atas prestasi masyarakat menanam padi hingga panen pada zaman dulu.

Namun, bermain Lesung - Alu pada zaman sekarang telah digunakan untuk mengisi acara kebesaran seperti pameran dan dimainkan sebagai hiburan.

Lesung - Alu mempunyai makna. Lesung adalah kemaluan perempuan, dan Alu adalah kemaluan laki-laki.

Permainan Lesung - Alu ini dimainkan 7 orang, terdiri dari 4 orang masing-masing memegang alu dengan menumbukkan ke lobang lesung secara bergantian dengan gerakan cepat, sedangkan 3 orang lagi menumbukkan alu di bibir lesung. Permainan ini dimainkan laki-laki maupun perempuan.

Adapun nama-nama alu terdiri dari Alu Tung, Alu Taw, Alu Tuk, dan Alu Gam.

Babinsa berharap agar seni budaya ini dapat dilestarikan sebagai budaya daerah khas bangsa Indinesia.

"Semoga kesenian tradisional lokal Indonesia  tidak punah dengan kemajuan zaman, karena keanekaragaman seni dan budaya inilah yang membedakan Indonesia dengan bangsa lain," tutur Muklhlis Yendi.

Ditempat terpisah, Dandim 0318/Natuna, Letkol Arm Asep Ridwan SH, M.Han, mengatakan, kegiatan ini merupakan wujud nyata kepedulian TNI untuk membangun kerukunan dan toleransi dalam kehidupan bermasyarakat, salah satunya dengan melakukan silaturrahmi dan komunikasi sosial.

"Selain itu dapat berguna untuk mencari solusi bersama guna memudahkan masyarakat dan Babinsa dalam menghadapi masalah yang ada sehingga dapat ditangani dengan mudah," kata Asep Ridwan. 

(Nard).


    = DARI NATUNA UNTUK INDONESIA =


Share it:

Natuna

Post A Comment: