Wagub Kepri Didampingi Bupati Lingga Ikut Panen Padi Ketan Bersama Gapoktan Suka Damai Desa Kerandin - Info Kepri -->
Trending News
Loading...

Wagub Kepri Didampingi Bupati Lingga Ikut Panen Padi Ketan Bersama Gapoktan Suka Damai Desa Kerandin

Wagub Kepri Didampingi Bupati Lingga Ikut Panen Padi Ketan Bersama Gapoktan Suka Damai Desa Kerandin


LINGGA, Infokepri.com – Dalam melanjutkankan agenda lainnya, Wakil Gubernur (Wagub) Kepri, Marlin Agustina bersama bupati Lingga bergerak menuju kecamatan Lingga Timur ada pun agenda kali ini, untuk melihat langsung proses panen padi ketan oleh gabungan kelompok tani ( Gapoktan ) Suka Damai Desa Kerandin.  

Suradi selaku Ketua Gapoktan Suka Damai mengatakan bahwa kunjungan Wakil Gubernur Kepri bersama bupati Lingga dan para pejabat daerah ke sawah tersebut melahirkan kebanggaan tersendiri bagi kelompoknya, Minggu (21/03/2021)

Ia merasa bersyukur bahwa apa yang mereka lakukan mendapat dukungan dan perhatian dari Wakil Gubernur Kepri dan lebih-lebih lagi oleh bupati Lingga Muhammad Nizar beserta istrinya.

“ Alhamdulillah ada kebanggaan tersendiri bagi kami para petani di sini saya harap dengan adanya kunjungan ini, bisa membuat kami lebih bersemangat apa lagi selama ini pemerintah daerah sudah sangat membantu kami dengan memberikan alat alat pertanian yang cukup canggih bagi membantu kami di sini,” katanya penuh rasa syukur .

Bercerita panjang lebar Suradi mengatakan bahwa padi ketan jenis dolo - kutuk, tersebut memiliki ke istimewaan tersendiri, yakni rasanya yang lebih enak, jika dibandingkan dengan jenis lainnya.

“ Kekhasan tanaman ini,juga dikarenakan ukuran tanaman yang lebih tinggi sehingga jenis ini tidak tercampur padi biasa masih murnilah pak,”  tambahnye.

Suradi juga menginformasikan bahwa meskipun secara total jumlah hasil panen padi ketan ini lebih sedikit dari padi biasa yang ada di kabupaten Lingga, namun secara ekonomis nilai yang dihasilkan padi ketan lebih tinggi dari padi biasanya.

“ Kalau padi biasa satu petak nya bisa sampai 4 ton, nah untuk ketan ini mungkin-mungkin hanya sampai 2,5 ton saja tapi yang itu tadi harganya lebih tinggi gitu pak,” kata Suradi saat panen tersebut.

Sementara itu Wakil Gubernur Kepri, Marlin Agustina yang juga merupakan istri dari Walikota Batam ini terlihat sangat antusias dan menjajal sendiri mesin perontok padi pada panen perdana padi ketan di kabupaten Lingga.

Wagub Kepri Didampingi Bupati Lingga Ikut Panen Padi Ketan Bersama Gapoktan Suka Damai Desa Kerandin


“ Awalnya saya kira ini padi biasa ternyata padi ketan Alhamdulillah padi nya bagus kelihatan dari gabahnya yang padat ber isi,” kata Marlin senang

Marlin juga berkesempatan mencicipi lansung padi ketan yang telah di masak oleh warga setempat dengan lauk ala kadar nya, sembari bercengkrama petani petani di lokasi tersebut,tak sedikit pun tampak raut canggung dari wajah nya.

Panen padi dan ketan di kabupaten Lingga bisa semakin baik dan cita-cita Lingga menjadi lumbung pangan nasional di wilayah perbatasan bisa segera terwujud, dalam perjalanan nya bupati Lingga antusias menyampaikan peluang potensi dan optimisme kabupaten Lingga di bidang pertanian  Nizar juga menyampaikan sejumlah lahan sudah disiapkan untuk mendukung hal tersebut.

Seperti di ketahui bahwa TP - PKK kabupaten Lingga dibawah bimbingan sang istri tercinta, Maratusholiha juga giat aktiv mendukung program pertanian di kabupaten Lingga yakni membuat kebun sayuran di sekitar halaman sekretariat TP- PKK Lingg. Bahkan untuk skala lebih besar PKK Lingga juga telah mempersiapkan kebun di wilayah desa Panggak Darat yang pada Sabtu (20/03/2021) lalu telah dilaksanakan gotong royong di lokasi tersebut

Bupati Lingga yakin dengan usaha doa dan dukungan dari semua pihak pertanian di kabupaten Lingga bisa menjadi lebih baik kedepannya. (MC/Syaf)


Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel