Sekdakab Sergai Membuka FSQ ke-18 Sekdakab Sergai Membuka FSQ ke-18 - Info Kepri -->
Trending News
Loading...

Sekdakab Sergai Membuka FSQ ke-18 Sekdakab Sergai Membuka FSQ ke-18

Sekdakab Sergai Membuka FSQ ke-18
Sekdakab Sergai H.M Faisal Hasrimy,AP,MAP Saat Melantik Dewan Juri FSQ (Fhoto : Bonawi) 


SERGAI, Infokepri.com – Mewakili Bupati Sergai H. Darma Wijaya, Sekretaris Daerah Kabupaten (Sekdakab) Sergai H.M. Faisal Hasrimy, AP, MAP membuka Festival Seni Qasidah (FSQ) ke-18 Kabupaten Serdang Bedagai (Sergai) Tahun 2021 pada Senin (27/9/2021) di Halaman Masjid Agung, Sei Rampah.

Dalam sambutannya yang disampaikan Sekdakab Sergai, Bupati Sergai mengatakan penyelenggaraan FSQ ke-18 ini merupakan salah satu upaya dalam mengembangkan seni budaya yang Islami guna meningkatkan keimanan dan ketaqwaan kepada Allah SWT.

“ Melalui kegitan FQS seperti ini, kita semua khususnya generasi muda Islam akan termotivasi untuk melestarikan seni budaya Islami yang sudah tergerus oleh zaman. Kita juga berharap dengan kegiatan ini dapat mempererat tali silaturahmi antara masyarakat dan Pemkab Sergai, sebagaimana yang tertuang dalam tema penyelenggaraan kegiatan ini yaitu “Melalui FSQ ke-18 Kabupaten Sergai, kita ciptakan generasi Islami untuk mewujudkan masyarakat yang religius,” ucap Bupati.

Dengan penyelenggaraan kegiatan ini, ucapnya, visi Kabupaten Sergai dalam menjadikan Sergai yang Maju Terus; Mandiri, Sejahtera dan Religius, dapat terwujud.

Bupati Sergai berharap FSQ juga diharapkan dapat melahirkan generasi Islam yang berprestasi serta mencari bibit-bibit yang berkualitas yang nantinya akan menjadi duta Kabupaten Sergai pada festival tingkal provinsi maupun tingkat nasional.

“ Kita berharap dengan prestasi generasi muda yang kita miliki, dapat menjadikan Kabupaten Sergai sebagai kabupaten yang cukup diperhitungkan oleh kabupaten/kota lainnya. Terakhir, yang tak kalah penting, saya mengimbau kepada peserta dan para dewan juri FSQ unyuk tetap mematuhi protokol kesehatan dengan sering mencuci tangan dengan sabun, memakai masker, hindari kontak langsung dan tetap menjaga jarak,” tandasnya.

Laporan Ketua Panitia Kegiatan yang juga Sekdakab H M Faisal Hasrimy disampaikan oleh Asisten Ekbangsos Ir H Kaharuddin, MM menyebut kegiatan ini akan dilaksanakan mulai tanggal 27 sampai dengan 30 September 2021.

Ada 2 poin yang jadi maksud dan tujuan dilaksanakan kegiatan ini, tuturnya, yaitu yang pertama untuk meningkatkan minat seni qasidah sekaligus memberikan motivasi kepada masyarakat untuk meningkatkan pemahaman, penghayatan dan pengamalan syiar yang Islami dan kedua untuk mengembangkan keimanan dan ketaqwaan kepada Allah SWT guna mendukung visi dan misi Kabupaten yang Maju Terus.

Selanjutnya ia menerangkan, FSQ diikuti oleh 17 Kecamatan se-Sergai dengan total peserta kafilah 277 orang. Sedangkan untuk cabang-cabang yang diperlombakan, jelas Kaharuddin, terdiri dari dua yaitu Qasidah Klasik yang terbagi ke dalam cabang Qasidah Klasik Dewasa dengan jumlah peserta sebanyak 88 orang dan Cabang Qasidah Klasik Remaja yang akan diramaikan 131 peserta. Sedangkan cabang kedua adalah Bintang Vokalis Gambus yang terbagi ke dalam 3 bagian yaitu Vokalis Gambus Dewasa yang diikuti 21 orang, kemudian Vokalis Gambus Remaja dengan jumlah peserta sebanyak 24 orang dan terakhir Vokalis Gambus Anak-anak dengan peserta 13 orang.

“ Sedangkan untuk sumber dana penyelenggaraan ini dibebankan kepada APBD Kabupaten Sergai Tahun Anggaran 2021. Acara ini digelar dengan menerapkan protokol kesehatan dan seluruh peserta harus sudah divaksin, dibuktikan dengan menunjukkan sertifikat vaksin minimal yang pertama,” tutupnya.

Kegiatan ini juga dihadiri langsung oleh Ketua TP-PKK Sergai Ny. Hj. Rosmaida Darma Wijaya, Ketua DWP Sergai Ny. Uke Retno Faisal Hasrimy, Wakil Ketua DPRD Sergai Siswanto, Kakan Kemenag Sergai H. Zulkifli Sitorus, MA, Ketua MUI Sergai H. Haspul Huznain, Forkopimda Sergai, Para Asisiten, Para Kepala OPD, Para Camat, dan Para Dewan Juri. (Bon)


Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel