Pimpin Rakor TPID Batam, Amsakar : Stok Bahan Bakok Aman Hingga Akhir Tahun Ini - Info Kepri -->
Trending News
Loading...

Pimpin Rakor TPID Batam, Amsakar : Stok Bahan Bakok Aman Hingga Akhir Tahun Ini

Pimpin Rakor TPID Batam, Amsakar : Stok Bahan Bakok Aman Hingga Akhir tahun Ini
Wakil Walikota Batam, Amsakar Achmad Didampingi Sekda Kota Batam Saat Memimpin Rakor TPID Batam (21/10/2021) (Fhoto : Ist) 


BATAM, Infokepri.com – Sesuai data BPS  untuk inflasi di Kota Batam pada bulan September dibanding Agustus yakni 0,33 persen sedangkan Januari-September 0,66 persen, angka tersebut masih di bawah kisaran nasional 3 persen plus minus 1 persen.

“ Untuk stok bahan pokok (bapok) hingga tiga bulan ke depan atau hingga akhir tahun ini aman. Secara umum, inflasi di Kota Batam masih aman dan terkendali," kata Wakil Walikota Batam, Amsakar Achmad  saat memimpin Rapat Koordinasi Tim Pengendali Inflasi Daerah (TPID) tingkat Kota Batam, Kamis (21/10/2021).

Rakor ini dihadiri oleh seluruh stakeholder terkait. Seperti Bank Indonesia, Badan Pusat Statistik, Bulog, Pertamina, Bea Cukai. Juga dihadiri Organsasi Perangkat Daerah (OPD) internal Pemko Batam, seperti Disperindag, Ketahanan Pangan, Dinas Perikanan, serta asosiasi distributor Batam.

Didampingi Sekda Kota Batam, Jefiridin Hamid, Amsakar mengatakan dari segi harga sebagian besar harga komoditi juga masih terkendali. Namun tim tidak menampik ada komoditi yang mengalami fluktuasi harga, seperti minyak goreng.

Rapat ini juga mengevaluasi rapat beberapa waktu lalu. Seperti tim diminta untuk melakukan kontrol harga secara rutin untuk menghindari permainan harga di pasaran. Dan juga hingga kemudahan masuknya bapok ke Batam.

"Alhamdulillah rekomendasi pertemuan sebelumnya sudah dilaksanakan oleh tim. Kendati demikian, saya berharap tetap dilakukan upaya terobosan supaya harga terjangkau," ujar Amsakar.

Asisten Ekonomi dan Pembangunan (Ekbang) Pemko Batam Febrialin menambahkan, tim juga memfokuskan membicarakan volatile food, baik dari segi stok maupun harga. Misalnya pasokan beras, gula hingga minyak goreng.

"Poin lain yang juga dibicarakan yakni kelancaran distribusi bapok, karena bapok datang dari luar. Kita bersyukur di Batam sendiri, produksi lokal juga ada. Cabai andil hingga 20 persen begitu juga telur hingga 10 persen," terang Pebrialin.

Hal lain yang juga ditekankan dalam rapat adalah, pentingnya komunikasi yang intens dan efektif dari stakeholder terkait dalam upaya pencegahan inflasi.

"Salah satunya yakni dengan melakukan rakor ini," imbuhnya. (rdk)

 

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel