Buat Sabun dari Kulit Manggis, Lima Siswa SMA Negeri 1 Tanjungpinang Juara II Ajang ICE 2021 di Malaysia - Info Kepri -->
Trending News
Loading...

Buat Sabun dari Kulit Manggis, Lima Siswa SMA Negeri 1 Tanjungpinang Juara II Ajang ICE 2021 di Malaysia

Buat Sabun dari Kulit Manggis, Lima Siswa SMA Negeri 1 Tanjungpinang Juara II Ajang ICE 2021 di Malaysia
Kepala Laboratorium SMA N 1 Tanjungpinang, Nur Aisyah, S.Pd (Fhoto : Ist)


TANJUNGPINANG, Infokepri.com
– Siswa SMA Negeri 1 Tanjungpinang Kembali menorehkan prestasi, kali ini 5 orang siswanya berhasil meraih juara dua dalam ajang World Invention Competition and Exhibition (WICE) 2021 di Malaysia.

Kepala Sekolah SMAN 1 Tanjungpinang, Imam Syafi’i melalui Kepala Laboratorium SMA N 1 Tanjungpinang, Nur Aisyah, S.Pd saat ditemui sejumlah awak media di ruang kerjanya, Rabu (3/11/2021) mengatakan bahwa ide mengikuti ajang tersebut adalah inisiatif dari murid SMA 1 yang mendapatkan informasi bahwa ada perlombaan WICE di Malaysia.

Ia menyebut lomba tersebut digelar pada bulan September 2021 lalu yang diikuti 300 peserta dari 29 negara.
“  Alhamdulillah kita meraih juara 2. Dapat medali perak dan sertifikat,” kata Nur Aisyah, S.Pd.

Menurut Guru Kimia yang akrab disapa Ibu Icha mengatakan dalam ajang tersebut Graceela, Sarah, Difa, Athaya, Jolin membuat sabun anti bakteri karena ide tersebut sesuai Pandemi Covid-19 yang saat ini sedang melanda.

"Kita uji asam, kita uji PH nya kita uji Busanya terus kita persentasikan via zoom kita perlihatkan dengan juri di Malaysia. Alhamdulillah kita berhasil meraih juara II," ungkap Icha.

Menurutnya pihaknya harus menjalani dua kali uji lab sebelum mempersentasi penemuan sabun ekstrak kulit manggis tersebut. Ia menyebut untuk membuat sabun tersebut membutuhkan waktu sekitar 1 bulan.

Namun sangat disayangkan sabun tersebut belum bisa mereka buat dalam jumlah yang besar untuk dijual lantaran sulit memperoleh kulit manggis dalam jumlah besar.

"Masalahnya manggis inikan musiman Pak dan kita sudah teliti kulit manggis banyak mengandung anti oksidan. Jadi memang kulit manggis ini bagus untuk kesehatan," bebernya.

Icha berharap dengan mendali dan sertifikat yang didapatkan kelima murid SMA Negeri 1 Tanjungpinang tersebut dapat menjadi bekal untuk mereka dalam melanjutkan pendidikan ditingkat selanjutnya.

(Mn)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel