Bupati H Surya Harapkan Pengurus Lembaga Adat Dalihan Natolu Tabagsel Berperan Menekan Penyebaran Covid-19 - Info Kepri -->
Trending News
Loading...
 Bupati H Surya Harapkan Pengurus Lembaga Adat Dalihan Natolu Tabagsel Berperan Menekan Penyebaran Covid-19

Bupati H Surya Harapkan Pengurus Lembaga Adat Dalihan Natolu Tabagsel Berperan Menekan Penyebaran Covid-19

Bupati H Surya Harapkan Pengurus Lembaga Adat Dalihan Natolu Tabagsel Berperan Menekan Penyebaran Covid-19
Bupati Asahan H. Surya BSc Menyampaikan Sambutannya Saat Menghadiri Pelantikan Pengurus Lembaga Adat Dalihan Natolu Tabagsel di Sopo Godang Tabagsel, Sabtu (27/11/2021) (Fhoto : Senti)


ASAHAN, Infokepri.com
– Bupati Asahan H. Surya BSc bersama Wakil Bupati Asahan Taufik Zainal Abidin, S.Sos, MSi didampingi istri mereka menghadiri pelantikan pengurus Lembaga Adat Dalihan Natolu Tapanuli Bagian Selatan (Tabagsel) yang digelar di Sopo Godang Tabagsel, Sabtu (27/11/2021).

Kehadiran Bupati dan Wakil Bupati beserta istri di Sopo Godang Tabagsel disambut dengan upacara adat pemberian Ulos sebagai wujud  kebesaran hati  masyarakat Tapanuli Bagian Selatan (Tabagsel) yang ada di kabupaten Asahan

Kegiatan yang digelar di Bagas kebesaran masyarakat Tabagsel ini juga dihadiri oleh Sekdakab Asahan Drs. John Hardi Nasution, MSi, OPD, Ketua dan Pengurus Etnis dan undangan lainnya.

Dalam kesempatan itu, Bupati H Surya mengatakan keberadaan etnis di Kabupaten Asahan sangat memberikan makna yang positif dalam memberikan masukan demi kemajuan pembangunan Kabupaten Asahan ke depan.

Ia mengharapkan kepada pengurus Lembaga Adat Dalihan Natolu Tapanuli Bagian Selatan yang baru dilantik  agar ikut berperan dalam memutus mata rantai penyebaran Covid-19 dan mensukseskan program Vaksinasi Covid-19 yang dicanangkan pemerintah.

“ Atas nama pribadi dan Pemkab Asahan saya mengucapkan selamat dan sukses atas dilantiknya pengurus Lembaga Adat Dalihan Natolu Tapanuli Bagian Selatan periode 2021-2026,” tutup Bupati H Surya.

Sebelumnya, Hatobangon Tabagsel Drs. H. Syafruddin Harahap, MSi  usai melantik pengurus Lembaga Adat Dalihan Natolu Tapanuli Bagian Selatan mengatakan Dalihan Natolu adalah hubungan kekerabatan dalam masyarakat  Tapanuli Bagian Selatan, yang sudah berabad-abad melekat dalam kehidupan orang Tapanuli Bagian Selatan. Sebagai fondasi filosofis kekerabatan, sudah cukup dikenal di Nusantara, bahkan di  luar Nusantara. 

“ Tak lekang oleh terik matahari, tak luntur diguyur hujan, prinsip dasar kekerabatan ini mengikat orang Batak Tapanuli Bagian Selatan dimana pun berada. Zaman boleh saja berubah oleh kemajuan teknologi, namun tidak tergoyahkan selama suku Batak ada di dunia,” katanya.

Barangkali, dalam konteks melestarikan fondasi kekerabatan itulah masyarakat Tapanuli Bagian Selatan yang bermukim di Tanah Melayu Kabupaten Asahan mendirikan Lembaga Adat Dalihan Natolu Tapanuli Bagian Selatan yang mengikat kekerabatan terhadap warga Tabagsel dan  lebih jauh untuk menjalin keguyuban antar etnis.

“ Hal ini telah dibuktikan masyarakat Tabagsel dimanapun berada selalu dapat menempatkan diri dengan masyarakat dimana dia berada  disamping itu lembaga ini juga diharapkan menjadi mitra pemerintah Kabupaten Asahan dalam mewujudkan Visi Misinya,” katanya.

Ketua Lembaga Adat Dalihan Natolu  Tapanuli Bagian Selatan  terpilih Masa Bhakti 2021-2026  H. Nauli Parlaungan Siregar, SH  menyampaikan, bahwa terpilihnya sebagai Ketua LADN Tapanuli Bagian Selatan  bukan karena lebih hebat, lebih paham, lebih mampu tapi atas kepercayaan dan kerjasama kita semua.

Ia menyebut sebagai mitra Pemkab Asahan  harus ikut mendukung dan berkomitmen  dalam mendukung program kerja dan Visi Misi Pemkab Asahan. 

“ Mari kita berikan buah fikiran kita terutama dalam mewujudkan Masyarakat Asahan Sejahtera yang religius dan berkarakter,” katanya. (Ti) .


Iklan Atas Artikel


Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel