Evaluasi Capaian Kinerja, BPJS Kesehatan Batam Berikan Award Puskesmas Terbaik - Info Kepri -->
Trending News
Loading...

Evaluasi Capaian Kinerja, BPJS Kesehatan Batam Berikan Award Puskesmas Terbaik

Evaluasi Capaian Kinerja, BPJS Kesehatan Berikan Award Puskesmas Terbaik
Suasana Kegiatan

BATAM, Infokepri.com - Dalam rangka monitoring dan evaluasi Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP) khususnya Puskesmas sebagai mitra yang melayani peserta Jaminan Kesehatan Nasional-Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS), BPJS Kesehatan menyelenggarakan kegiatan Monitoring dan Evaluasi KBK.

Terkait hal itu, Kepala BPJS Kesehatan Cabang Batam, Iwan Adriady mengatakan bahwa kegiatan ini merupakan kegiatan rutin dalam rangka evaluasi kinerja FKTP berdasarkan indikator Kapitasi Berbasis Kinerja (KBK) yang menjadi dasar pembayaran kapitasi.

Indikator tersebut antara lain, adalah angka kontak, rasio rujukan non spesialistik, dan peserta Prolanis terkendali.

"Tujuannya untuk reminder Puskesmas akan pentingnya pencapaian target karena hal tersebut bertujuan untuk memastikan biaya kapitasi yang diberikan dapat dipertanggungjawabkan dengan pencapaian kinerja Puskesmas yang bersangkutan," katanya, di Nagoya, Lubuk Baja - Batam, (9/2).

Sebagai salah satu bentuk apresiasi kepada Puskesmas yang berkinerja baik, pada kesempatan yang sama BPJS Kesehatan memberikan penghargaan kepada beberapa Puskesmas yang memperoleh nilai tertinggi pada beberapa indikator penilaian.

"Ada beberapa kriteria yang menjadi dasar penilaian BPJS Kesehatan bersama Tim Penilai. Contohnya Puskesmas dengan nilai kepatuhan terbaik yang dinilai berdasarkan kendali mutu dan kendali biaya yakni pemanfaatan antrean online, kontak tidak langsung, Walkthrough Audit (WTA), Program Rujuk Balik dan lain-lain. Masing-masing award ada kiterianya,”  katanya.

Suasana Kegiatan
Berikut pemenang award kategori Puskesmas tahun 2021:
Pemenang Nilai Kepatuhan Terbaik: Puskesmas Kampung Jabi, Pemenang Nilai Rasio Rujukan Terbaik: Puskesmas Galang, Pemenang Nilai KBK Terbaik: Puskesmas Bulang, Pemenang Pemanfaatan Antrean Online Terbaik: Puskesmas Tanjung Sengkuang, Pemenang Pemanfaatan Mobile JKN Terbaik: dr Eka Maya Sari Pane Puskesmas Botania.Pemenang Prasarana dan Sarana Terlengkap: Puskesmas Tanjung Sengkuang, Pemenang FKTP BPJS Kesehatan Puskesmas Kota Batam: Puskesmas Sei Pancur, Pemenang Puskesmas Terbaik Kota Batam: Puskesmas Tanjung Sengkuang.

Ketua BPJS Batam berharap kegiatan monitoring dan evaluasi serta award yang diberikan kepada Puskesmas sebagai bagian dari FKTP mitra BPJS Kesehatan ini dapat memberikan semangat baru untuk memperbaiki dan meningkatkan kualitas layanan yang diberikan kepada peserta JKN-KIS.

Berikutnya, selaku Pimpinan Puskesmas Tanjung Sengkuang, dr. Deny Zulia, yang memperoleh 3 (tiga) award sekaligus yakni Puskesmas dengan pemanfaatan antrean online terbaik, sarana dan prasarana terlengkap serta Puskesmas terbaik tahun 2021 mengatakan bahwa pihaknya bekerjasama dan berkolaborasi dengan baik demi mencapai hal tersebut.

"Kalau ada program yang mengharuskan turun ke lapangan, untuk input di Pcare itu pasti dibantu. Begitu juga ketika ada kegiatan Prolanis, laporannya juga pasti dikerjakan bersama. Tidak hanya poli yang bersangkutan, tapi seluruh tim Puskesmas," katanya.

Pihaknya berharap dengan award yang didapat, dapat meningkatkan kualitas layanan yang diberikan kepada peserta JKN-KIS. (rdk)


Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel