Bundo Kanduang Pasbar Juara 1 Lomba Managua dalam Rangka Kongres Bundo Kanduang se Dunia - Info Kepri -->
Trending News
Loading...
Bundo Kanduang Pasbar Juara 1 Lomba Managua dalam Rangka Kongres Bundo Kanduang se Dunia

Bundo Kanduang Pasbar Juara 1 Lomba Managua dalam Rangka Kongres Bundo Kanduang se Dunia

Bundo Kanduang Pasbar Juara 1 Lomba Managua dalam Rangka Kongres Bundo Kanduang se Dunia
Bunda Kanduang Kabupaten Pasbar Menerima Hadiah Juara I Lomba Managua pada Kongres Bundo Kanduang se-Dunia di Kabupaten Tanah Datar, Senin (5/12/2022) (Fhoto : Ist) 


PASAMAN BARAT, Infokepri.com
- Bundo Kanduang Kabupaten Pasaman Barat (Pasbar) berhasil meraih juara 1 dalam lomba ‘Managua’ pada Kongres Bundo Kanduang se-Dunia yang digelar di Kabupaten Tanah Datar dari tanggal 3 sampai 5 Desember 2022.

Kongres Bundo Kanduang se-Dunia yang digelar untuk pertama kali dalam sejarah tetsebut diikuti lebih kurang 1.000 peserta Bundo Kanduang yang berlangsung ditiga lokasi di Batusangkar, yakni di Istano Basa Pagaruyuang, Gedung Maharajo Dirajo dan Istano Silinduang Bulan.

"Beberapa perlombaan yang telah diselenggaran demi memeriahkan  kegiatan dan kita Pasaman Barat telah mendapatkan Juara I pada perlombaan 'Managua' yang mana ini merupakan salah satu adat yang ada di Pasaman Barat sehingga dalam perlombaan tersebut kita terbiasa dan lancar mengikuti lomba," jelas Ketua Bundo Kanduang Pasbar, Ety Muhayatsah.

Ety Muhayatsah mengatakan bahwa melalui Kongres Bundo Kanduang se-Dunia yang telah diselenggarakan tersebut dapat meningkatkan hubungan sillaturrahmi dengan bundo kandung yang ada di seluruh nusantara dan luar negeri, menambah ilmu tentang adat dan budaya, serta menjalin persaudaraan dengan perantau Minang.

“Sangat bagus kegiatan ini karena dapat meningkatkan hubungan silaturrahim serta dapat menambah ilmu yang akan diaplikasikan di Kabupaten Pasaman Barat,” jelasnya

Ia juga menjelaskan kongres tersebut juga dihadiri oleh Bundo Kanduang dari Australia, Inggris dan Belanda, serta dari Banten, Lampung, Jambi, Bengkulu, Riau, Sumatera Utara, DKI dan beberapa daerah lainnya.

Ia juga berharap Bundo Kanduang Pasaman Barat lebih dikenal dan lebih maju serta menjadi jembatan untuk melestarikan budaya Minangkabau khususnya di Kabupaten Pasaman Barat.(**)


Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel