Komsos dengan Pekerja Bengkel, Babinsa Desa Kelanga Sosialisasikan tentang Komcad - Info Kepri -->
Trending News
Loading...

Komsos dengan Pekerja Bengkel, Babinsa Desa Kelanga Sosialisasikan tentang Komcad

 

Komsos dengan Pekerja Bengkel, Babinsa Desa Kelanga Sosialisasikan tentang Komcad
Babinsa Desa Kelanga, Serka Windo Prana Citra, saat mensosialisasikan Komcad kepada warga binaan. di Dusun I RT 03/RW 02, Desa Kelanga, Kecamatan Bunguran Timur Laut, Senin (30/01/2023).(Fhoto ; Bernard Simatupang).

By Bernard Simatupang

NATUNA, Infokepri.com - Babinsa Desa Kelanga, Serka Windo Prana Citra, Personil Koramil 01/Ranai Kodim 0318/Natuna, melaksanakan komunikasi sosial (Komsos) dengan warga binaan, di Dusun I RT 03/RW 02, Desa Kelanga, Kecamatan Bunguran Timur Laut, Senin (30/01/2023).

Serka Windo Prana Citra melaksanakan komsos dengan Zaidan salah satu warga pekerja harian yang sedang bekerja di bengkel sepeda motor untuk menutupi kebutuhan ekonomi keluarganya.

"Selain monitoring dalam upaya mengetahui perkembangan situasi dan kondisi wilayah binaan, kegiatan komsos yang kita lakukan bertujuan untuk menjalin silaturahmi, mempererat hubungan keakraban dan kekeluargaan sehingga tercipta hubungan dan komunikasi yang baik antara Babinsa dengan masyarakat sebagai penunjang tugas kewilayaha di desa binaan," ujar Windo Prana Citra.

Dalam kesempatan ini Serka Windo Prana Citra mensosialisasikan dampak dan bahaya kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) kepada Zaidan dan segenap masyarakat Desa Kelanga.

Serka Windo menjelaskan, kebakaran hutan dan lahan berdampak pada rusaknya ekosistem dan menyebabkan musnahnya flora dan fauna yang tumbuh dan hidup di hutan.

"Dampak lainnya dari asap yang ditimbulkan dapat menyebabkan penyakit Infeksi Saluran Pernafasan Atas (ISPA), Asma, penyakit paru Obstruktif Kronik, penyakit jantung serta iritasi pada mata, tenggorokan dan hidung. Kabut asap dari kebakaran hutan juga dapat mengganggu bidang transportasi, khususnya transportasi penerbangan," kata Windo.

Oleh karenanya, ia mengimbau segenap masyarakat untuk tidak membuka lahan pertanian/perkebunan dengan cara membakar guna menghindari kebakaran hutan yang semakin luas seperti yang kerap terjadi belakangan ini.

Selain itu, dalam Komsos ini, Serka Windo Prana Citra juga berkesempatan mensosialisasikan tentang komponen cadangan (Komcad).

Ia menjelaskan, komponen cadangan (komcad) adalah sebuah pasukan cadangan militer atau sebuah organisasi militer yang terdiri dari warga negara yang menggabungkan peran militer dengan karier sipil yang disiapkan untuk dikerahkan melalui mobilisasi guna memperbesar dan memperkuat kekuatan komponen utama, yaitu TNI.

Semuanya dipersiapkan untuk kepentingan pertahanan negara yang bisa dimanfaatkan ketika negara dalam kondisi darurat militer atau bencana alam.

Ia mengajak seluruh lapisan masyarakat khususnya masyarakat Desa Kelanga yang berumur minimal 18 tahun dan maksimal 35 tahun untuk ikut mendaftarkan diri menjadi komcad sebagai partisipasi pengabdian diri kepada Nusa dan bangsa. (Nard).


   = DARI NATUNA UNTUK INDONESIA =

Editor : P Sipayung

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel