Event Eksplore Kepri 2024, Diikuti Peserta dari Singapura dan Malaysia - Info Kepri -->
Trending News
Loading...

Event Eksplore Kepri 2024, Diikuti Peserta dari Singapura dan Malaysia

Event Eksplore Kepri 2024, Diikuti Peserta dari Singapura dan Malaysia
Suasana Kadis Parawisata Kepri Dan Peserta Event Dari Malaysia (foto by ist/infokepri)

KEPRI, Infokepri.com - Event Eksplore Kepri 2024, diikuti 80 fotografer dari berbagai daerah di Indonesia, termasuk fotografer dari negara tetangga, yaitu Malaysia dan Singapura, yang digelar oleh Kepri Photo Community (KPC) resmi dimulai, dengan Welcome Dinner di Restoran Sei Nam, Tanjung Pinang.

Terkait hal itu. Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Kepulauan Riau, Guntur Sakti menyampaikan bahwa sekitar 20% wisatawan mancanegara yang berkunjung ke Indonesia masuk melalui Kepri sebagai pintu masuk utama selain Bali dan Jakarta.

"Kepri adalah daerah perbatasan yang dekat dengan Singapura dan Malaysia secara jarak, budaya, bahasa, dan religi. Provinsi ini memiliki 2.408 pulau, dengan 300 lebih berpenghuni dan 22 di antaranya merupakan pulau terluar," ungkapnya, Minggu malam, (12/5).

Lanjutnya, dengan potensi pariwisata yang luar biasa dari segi alam dan budayanya, Kepri menjadi satu-satunya provinsi di kawasan perbatasan sekaligus pintu masuk wisatawan mancanegara utama di Indonesia. Dan daya tarik utama kunjungan wisatawan ke Indonesia adalah budaya (60%), alam (30%), dan buatan manusia (10%).

"Semua komponen daya tarik itu ada di Kepri sebagai episentrum Kerajaan Riau-Johor-Lingga pada masa lalu. Saya yakin hasil karya para fotografer dapat memperlihatkan keindahan alam dan budaya Kepri dengan memadukan visual dan narasi yang powerful. Semoga dapat mengabadikan keindahan Kepri lewat lensa mereka," terangnya.

Di tempat yang sama, Ketua Panitia Eksplore Kepri 2024, Cano menyampaikan bahwa KPC mengundang fotografer dari luar daerah dan negara adalah untuk mentransfer ilmu sekaligus mendapat masukan bagi pengembangan pariwisata Kepri ke depan.

"Kawan-kawan harus meresap bahwa ada banyak cara untuk mengembangkan sektor pariwisata, bukan hanya fokus di Tanjung  Pinang saja. Tetapi harus ada bukti berupa foto dan video yang powerful untuk memvisualisasikan keindahan Kepri," katanya.

Berikutnya, salah satu peserta asal Malaysia, Raja Kemal mengapresiasi terselenggaranya event bergengsi seperti Eksplore Kepri 2024.Dimana fotografi dapat membantu mengembangkan ekosistem pariwisata suatu daerah.

"Saya setuju bahwa fotografi membantu ekosistem pariwisata. Ini sudah kali keempat saya mengunjungi Tanjungpinang dan saya yakin acara seperti ini akan membuka jejaring pertemanan kami sesama fotografer dari lintas negara," terangnya.

Eksplore Kepri 2024 yang digelar Kepri Photo Community ini akan berlangsung di Tanjungpinang dan Bintan pada 12-15 Mei 2024. Rangkaian acara meliputi hunting foto di berbagai objek wisata, kunjungan ke desa, berbagai konseptual foto, sharing session photography, dan ditutup dengan gala dinner. (*)


Editor : Andi P

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel