Komsos dengan Warga Desa Tapau, Serda Jesben Hutagalung Paparkan Tugas dan Peran Babinsa - Info Kepri -->
Trending News
Loading...

Komsos dengan Warga Desa Tapau, Serda Jesben Hutagalung Paparkan Tugas dan Peran Babinsa

Komsos dengan Warga Desa Tapau, Serda Jesben Hutagalung Paparkan Tugas dan Peran Babinsa
Babinsa Desa Tapau, Serda Jesben Hutagalung, saat memberikan arahan dan pembinaan kepadaasyarakat. (Fhoto : Bernard S /Infokepri.com).

By Bernard.S
NATUNA, Infokepri.com
- Peran serta Babinsa dalam membangun desa dan masyarakat menjadi bagian dari kegiatan pembinaan teritorial yang dilaksanakan dengan selalu berkoordinasi dan bersama-sama dengan pemerintah desa binaan.

Hal tersebut disampaikan Babinsa Desa Tapau, Serda Jesben Hutagalung, Personil Koramil 01/Ranai Kodim 0318/Natuna, saat melaksanakan komunikasi sosial (Komsos) dengan masyarakat di Jalan Beringin Raya, RT 005/RW 003, Dusun II Air Putih, Desa Tapau, Kecamatan Bunguran Tengah, Jumat (07/06/2024).

Serda Jesben Hutagalung menyampaikan, pembinaan kemasyarakatan merupakan salah satu program pemerintah dalam meningkatkan serta mengelola lembaga dan sumber daya manusia agar lebih baik dan bekerja sesuai dengan harapan.

"Pembinaan kemasyarakat dapat dilakukan dengan berbagai cara baik melalui pelatihan, rapat, lomba, peringatan hari besar dan lain-lain," ujarnya

Pembinaan secara umum, kata Jesben Hutagalung, diartikan sebagai usaha untuk memberi pengarahan dan bimbingan tentang tugas dan tanggung jawab bersama dalam membangun desa dan masyarakat serta meningkatkan kreatifitas masyarakat terutama generasi muda dalam mendukung program pemerintah di desa.

"Dengan adanya keterlibatan Babinsa sebagai aparat komando kewilayahan dalam pembinaan masyarakat di Desa Tapau, diharapkan dapat memberikan manfaat yang positif terutama dalam mengubah pola pikir masyarakat dan pemuda untuk ikut peduli dengan situasi dan kondisi yang ada di desa," ucapnya.

Lebih lanjut Serda Jesben menuturkan, pembinaan masyarakat adalah upaya mempersiapkan masyarakat seiring dengan langkah memperkuat kelembagaan masyarakat agar mereka mampu mewujudkan kemajuan, kemandirian, dan kesejahteraan dalam suasana keadilan sosial yang berkelanjutan.

"Disinilah peran kami sebagai Bintara Pembina Desa (Babinsa) terhadap kesejahteraan rakyat. Bintara Pembina Desa dalam melaksanakan tugasnya harus memiliki kapabilitas teritorial dalam memperoleh informasi serta melaporkan dengan cepat, berkomunikasi dengan masyarakat, mendata geografi, demografi, serta kondisi sosial yang berhubungan dengan pertahanan negara," pungkasnya. (Nard).

= ADAPTIF, PROFESIONAL FAN DIVINTAI RAKYAT =

Editor : P Sipayung

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel