Tidak Ada Kejelasan Program Tapera, Para Buruh akan Gelar Aksi di Kantor Wali Kota Batam - Info Kepri -->
Trending News
Loading...

Tidak Ada Kejelasan Program Tapera, Para Buruh akan Gelar Aksi di Kantor Wali Kota Batam

Tidak Ada Kejelasan Program Tapera, Para Buruh akan Gelar Aksi di Kantor  Wali Kota Batam
Ketua Konsulat Cabang Federasi Serikat Pekerja Metal Indonesia (FSPMI) Kota Batam, Yapet Ramon (foto by ist/infokepri)

BATAM, Infokepri.com - Sabanyak kurang lebih 1000 buruh di Kota Batam akan melakukan aksi damai di kantor Walikota Batam, menolak rencana pemerintah menerapkan iuran Tabungan Perumahan Rakyat (Tapera).

Terkait hal itu, Ketua Konsulat Cabang Federasi Serikat Pekerja Metal Indonesia (FSPMI) Kota Batam, Yapet Ramon mengatakan bahwa turun ke jalan melakukan aksi damai  menyuarakan penolakan Tapera tersebut, ada sekitar 1.000 massa yang akan ikut dalam aksi tersebut.

"Besok Rabu (12/6), Kita sama-sama berjuang untuk penolakan Tapera tersebut. Ini sudah sangat memberatkan sama kita," katanya, (11/6).

Lanjutnya, program Tapera yang dijalankan oleh pemerintah dengan memotong upah buruh, tidaklah tepat. Karena sangat membebani buruh dan pekerja, khususnya masyarakat.

Terdapat beberapa alasan menolak adanya Tapera, yakni belum ada kejelasan terkait dengan program Tapera, terutama tentang kepastian apakah buruh dan peserta Tapera akan otomatis mendapatkan rumah setelah bergabung dengan program Tapera. 

"Jika dipaksakan, hal ini bisa merugikan buruh dan peserta Tapera," katanya.

Lanjutnya lagi, secara akal sehat dan perhitungan matematis, iuran Tapera sebesar 3 persen dengan rincian dibayar pengusaha 0,5 persen dan dibayar buruh 2,5 persen, tidak akan mencukupi buruh untuk membeli rumah pada usia pensiun atau saat di-PHK.

"Jadi intinya, kami buruh sangat menolak iuran Tapera tersebut," tutupnya. (De)


Editor : Andi P

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel