Bupati Menghadiri Penyerahan Kartu Tani Kepada Petani Sergai - Info Kepri -->
Trending News
Loading...

Bupati Menghadiri Penyerahan Kartu Tani Kepada Petani Sergai


SERGAI, Infokepri.com  - Bupati Sergai Ir H Soekirman menghadiri penyerahan Kartu Tani kepada Petani di Kabupaten Sergai pada Selasa (2/6/2020) di Aula Dinas Pertanian Kab. Sergai, Kecamatan Sei Rampah.

Tampak hadir dalam acara tersebut Bupati Sergai Ir H Soekirman, Kadis Pertanian Radianto Panjis, SP, MMA, PPL, Gapoktan, Poktan, Petani Penerima Kartu Tani, Pimpinan BNI Cabang Tebing Tinggi Maralun Sitompul, SE, dan para Penyuluh Pertanian.

Dalam sambutannya Kadis Pertanian Radianto Panjis, SP, MMA mengatakan Kartu Tani yang diserahkan pada tahap pertama ini berjumlah 5.813 kartu yang dialok untuk 11 (sebelas) Kecamatan yaitu Kecamatan Sei Rampah, Pegajahan, Tebing Tinggi, Tebing Syahbandar, Perbaungan, Tanjung Beringin, Bintang Bayu, Sei Bamban, Teluk Mengkudu, Dolok Masihul dan Pantai Cermin. Selanjutnya untuk 6 Kecamatan lagi akan menyusul pada penyerahan kartu Tani tahap kedua.

Kartu Tani ini memiliki beragam manfaat antara lain dapat digunakan untuk membeli pupuk bersubsidi, menjual hasil panen tanpa perantara, kemudahan mengajukan Kredit Usaha Rakyat (KUR), kemudahan mendapatkan bantuan sosial dan bantuan bersubsidi, serta dapat digunakan sebagai tabungan.


Sementara itu Pimpinan BNI Cabang Tebing Tinggi, Maralun Sitompul, SE dalam sambutannya mengatakan untuk penyaluran Kartu Tani oleh Kementerian Pertanian dipercayakan kepada PT Bank BNI (Persero) untuk 5.813 petani di Sergai pada tahap pertama tahun ini.

Selanjutnya bagi para penerima kartu tani dalam bentuk ATM ini dapat menggunakannya untuk belanja pupuk, pestisida dan lainnya sesuai ketentuan di e-Warung bekerjasama dengan BNI yang ada didesa-desa.

Subsidi sampai ke masyarakat melalui Kartu Tani ini dengan adanya keuntungan-keuntungan dari pemegang kartu tani ini.

Sedangkan Bupati Sergai Ir H Soekirman dalam sambutannya menyampaikan bahwa saat ini kita akan memasuki suasana new normal yang mengatur orang kembali melaksanakan kegiatan seperti biasa namun dengan tetap menerapkan Protokol Kesehatan Covid-19.

Bupati Sergai  juga menyampaikan apresiasi dan ucapan terima kasih kepada PT. Bank BNI dengan Kartu Tani dan e-Warung sebagai sebuah terobosan ekonomi yang sangat baik sejalan dengan visi Kabupaten Sergai yang Unggul, Inovatif dan Berkelanjutan.

Kartu Tani dalam bentuk ATM ini adalah termasuk uang elektronik atau e-money, yang dalam hal ini dapat menghindarkan kita dari peredaran uang fisik yang rentan dapat membawa virus Covid-19.

Dalam mendukung pembangunan daerah, kita memiliki slogan Pataya (Pangan, Pariwisata, dan Budaya). Kenapa pangan, sebab dalam suasana pandemi seperti ini, makanan sebagai sumber kehidupan adalah hal yang tidak boleh berhenti adanya stok pangan bagi manusia. Kemudian Pariwisata yang sangat penting bagi pemasukan daerah sejalan dengan dekatnya jarak tempuh antara Medan-Sergai melalui jalan tol.

Selanjutnya budaya adalah budaya tani yang tidak dapat kita lepaskan dari kehidupan manusia yang membutuhkan sumber bahan pangan melalui pertanian antara lain budaya organik.

Dalam pertanian yang baik, jangan dilupakan tiga hal yaitu Kebijakan, Kelembagaan dan Kebersamaan.

Kebijakan negara melalui Kostra Tani mengatur sistem komando garis yang sejalan dengan Kelembagaannya yang ada sampai tingkat desa yang menciptakan kebersamaan melalui Kostra Tani tersebut. Dengan masih baiknya sisi pertanian, pariwisata dan budaya, kita optimis Indonesia tetap survive meski ditengah Pandemi Covid-19 yang sedang melanda seluruh bangsa didunia.

“ Dalam pertanian juga  ada politik yang harus kita masuki sebagai masyarakat petani dan penyuluh yaitu Politik Pertanian. Sebab dalam Politik Pertanian tersebut yang pertama kita harus berfikir untuk surplus, kita bertani adalah untuk mencapai hasil yang lebih banyak dari sebelumnya. Yang kedua adalah Swasembada, dan yang ketiga adalah sejahtera,” katanya.

Ia menyebutkan untuk apa surplus dan swasembada jika tidak sejahtera. Jadi politik pertanian itu bertujuan menciptakan petani yang sejahtera, penyuluh sejahtera dan pemerintah yang sejahtera. (Bon)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel