Laksanakan Komsos, Babinsa David Alaslan Sosialisasikan Bahaya Karhutla - Info Kepri -->
Trending News
Loading...

Laksanakan Komsos, Babinsa David Alaslan Sosialisasikan Bahaya Karhutla

Babinsa Desa Cemaga Serda David Alaslan, saat mensosialisasikan bahaya karhutla kepada warga binaan. (Fhoto : Bernard Simatupang / Infokepri.com).


By Bernard Simatupang 

NATUNA, Infokepri.com - Babinsa Desa Cemaga, Serda David Alaslan, Personil Koramil 01/Ranai Kodim 0318/Natuna, melaksanakan komunikasi sosial (Komsos) dengan warga binaan di Desa Cemaga, Kecamatan Bunguran Selatan, Sabtu (27/05/2023).

Mengingat masuknya musim kemarau saat ini di Kabupaten Natuna, dalam kesempatan ini, Serda David Alaslan mensosialisasikan dampak dan bahaya kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) kepada segenap lapisan  masyarakat.

Ia mengimbau seluruh lapisan masyarakat untuk tidak membuka lahan pertanian/perkebunan dengan cara membakar karena dapat menimbulkan dampak yang tidak baik seperti kebakaran hutan dan lahan yang semakin luas.

Dikatakannya, kebakaran hutan dan lahan yang tidak terkendali dapat menyebabkan jatuhnya korban jiwa serta berdampak pada rusaknya ekosistem dan menyebabkan musnahnya flora dan fauna yang tumbuh dan hidup di hutan.

"Dampak lainnya dari asap yang ditimbulkan dari kebakaran tersebut dapat menyebabkan penyakit Infeksi Saluran Pernafasan Atas (ISPA), Asma, Penyakit Paru Obstruktif Kronik, Penyakit Jantung serta iritasi pada mata, tenggorokan dan hidung. Kabut asap dari kebakaran hutan juga dapat mengganggu bidang transportasi, khususnya transportasi penerbangan," ujarnya

Lebih lanjut Serda David Alaslan menyampaikan, tersebarnya asap dan emisi gas karbondioksida dan gas-gas lain ke udara juga akan berdampak pada pemanasan global dan perubahan iklim.

Kemudian, kata Serda David Alaslan, kebakaran hutan mengakibatkan hutan menjadi gundul, sehingga tidak mampu lagi menampung cadangan air di saat musim hujan, hal ini dapat menyebabkan tanah longsor ataupun banjir.

"Selain itu, kebakaran hutan dan lahan juga mengakibatkan berkurangnya sumber air bersih dan bencana kekeringan karena tidak ada lagi pohon untuk menampung cadangan air," pungkasnya.

Oleh karenanya, Serda David Alaslan mengajak aparatur desa untuk bersama-sama memberikan imbauan kepada seluruh masyarakat agar ikut berperan aktif mencegah terjadinya kebakaran hutan dan lahan. (Nard).


   = DARI NATUNA UNTUK INDONESIA =

Editor : P Sipayung
 

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel