Personel Koramil 01/Ranai Gelar Komsos, Ingatkan Warga Pentingnya Prokes dan Vaksinasi - Info Kepri -->
Trending News
Loading...

Personel Koramil 01/Ranai Gelar Komsos, Ingatkan Warga Pentingnya Prokes dan Vaksinasi

Personel Koramil 01/Ranai Gelar Komsos, Ingatkan Warga Pentingnya Prokes dan Vaksinasi
Babinsa Desa Cemaga Utara, Serda Saprizal, bersama Kepala Desa, Ketua RT, Ketua RW, Kadus, masyarakat pemilik kebun dan pemilik sapi. (Fhoto : Bernard Simatupang).

NATUNA, Infokepri.com - Natuna, Infokepri.com - Babinsa Desa Cemaga Utara, Serda Saprizal, Personil Koramil 01/Ranai Kodim 0318/Natuna, hadiri rapat penyelesaian masalah antara pemilik hewan ternak sapi dengan pemilik kebun di Kantor Desa Cemaga Utara, Kecamatan Bunguran Selatan, Senin (07/02/2022). 

Turut hadir dalam kesempatan tersebut, Kades Cemaga Utara Irwan, Kadus 01 Agus Salim, Ketua RW 03 Muhtar, Ketua RT Satiri, pemilik kebun Aripin, pemilik sapi Sadri.

Babinsa Saprizal mengatakan, seiring dengan berjalannya waktu, belakangan ini kerab terjadi permasalahan antara pemilik hewan ternak sapi dengan pemilik kebun di beberapa wilayah perdesaan karena ternak sapi tersebut suka merusak atau memakan tanaman petani.

"Salah satunya Desa Cemaga Utara, Kecamatan Bunguran Selatan, timbul pertikaian antara pemilik sapi dengan pemilik kebun," ujar Saprizal.

Dengan permasalahan tersebut, terang Saprizal, Kepala Desa Cemaga Utara, bersama Babinsa, Kepala Dusun, Ketua RT, Ketua RW, masyarakat pemilik ternak sapi dan pemilik kebun mengadakan rapat atau musyawarah untuk menyelesaikannya.

Setelah mengadakan rapat, akhirnya hasil musyawarah disepakati dengan ketentuan, agar pemilik sapi mengikat sapinya serta membuat kandang, pabila sapi merusak tanaman yang berada di kebun orang lain pemilik tanaman berhak menangkap sapi tersebut dan di serahkan kepada desa untuk diambil tindakan yang berlaku melalui Perdes yang berlaku, pemilik sapi bermusyawarah dengan pemilik tanaman apabila tidak ada kesepakatan maupun keputusan di persilahkan untuk melaporkan ke pihak yang berwajib, pemilik kebun diwajibkan membuat pagar agar aman dari hewan ternak yang berkeliaran, pemilik sapi yang mengikat sapinya di tanah ataupun kebun orang lain agar meminta ijin kepada pemilik kebun, untuk kedepannya sama-sama sepakat untuk menjaga agar tidak terulang lagi kejadian yang seperti di bahas hari ini.

Di tempat terpisah, Dandim 0318/Natuna, Letkol Arm Asep Ridwan SH, M.Han, mengatakan, kegiatan ini merupakan wujud nyata kepedulian TNI untuk membangun kerukunan dan toleransi dalam kehidupan bermasyarakat, salah satunya dengan melakukan silaturrahmi, monitoring, dan  komunikasi sosial.

"Selain itu dapat berguna untuk mencari solusi bersama guna  memudahkan masyarakat dan Babinsa dalam menghadapi masalah yang ada sehingga dapat ditangani dengan mudah," kata Asep Ridwan. (Nard).

   = DARI NATUNA UNTUK INDONESIA =


Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel