Diprediksi Curah Hujan Tinggi, Pemko Tebingtinggi Himbau Antisipasi Banjir - Info Kepri -->
Trending News
Loading...
Diprediksi Curah Hujan Tinggi, Pemko Tebingtinggi Himbau Antisipasi Banjir

Diprediksi Curah Hujan Tinggi, Pemko Tebingtinggi Himbau Antisipasi Banjir

Diprediksi Curah Hujan Tinggi, Pemko Tebingtinggi Himbau Antisipasi Banjir
Jubir Pemko Tebing Tinggi Dedi Parulilan Siagian, S.STP, M.Si (Fhoto : Ist)


TEBINGTINGGI, Infokepri.com
  - Berdasarkan rilis BMKG tentang informasi terkait potensi cuaca ekstrim yang masih terus berlanjut hingga sepekan ke depan dimulai dari 09-15 Oktober 2022. Sumatera Utara menjadi salah satu wilayah yang diprediksi berpotensi terjadi curah hujan dengan intensitas sedang hingga lebat yang dapat disertai kilat/petir dan angin kencang.

Menindaklanjuti hal tersebut, Jubir Pemko Tebing Tinggi Dedi Parulilan Siagian, S.STP, M.Si saat ditemui  sejumlah awak media di Kantor Dinas Kominfo Kota Tebing Tinggi, Jalan Imam Bonjol, Senin (09/10/2022) menyampaikan himbauan kepada seluruh stakeholder agar fokus kepada pencegahan resiko yang terjadi seperti banjir dan angin puting beliung.

"Berdasarkan informasi dari BMKG potensi curah hujan diperkirakan akan terus terjadi selama sepekan ini tepatnya hingga 15 Oktober 2022. Untuk itu kepada instansi terkait agar dapat bekerja sama dan berfokus pada pencegahan dan pengurangan resiko banjir dengan memastikan infrastruktur pengendalian debit air sungai dapat berjalan dengan baik dan memastikan tidak ada sampah yang menghambat fungsi drainase jalan." ucap Dedi Parulian Siagian, S.STP, M.Si.

Selain bahaya banjir, Dedi Parulian Siagian, S.STP, M.Si juga menyampaikan untuk fokus terhadap kondisi dahan dan ranting pohon tepi jalan guna mencegah resiko pohon tumbang akibat angin kencang.

"Tingginya curah hujan juga berpotensi tmenyebabkan angin kencang, sehingga perlu dilakukan pemangkasan dahan dan ranting pohon tepi jalan serta penguatan terhadap tiang-tiang disepanjang jalan. Kepada Kepling, petugas Kelurahan dan Kecamatan dan juga masyarakat agar dapat melaporkan kepada Dinas Lingkungan Hidup agar dapat segera ditindaklanjuti." tambahnya.

Masyarakat juga dihimbau agar menghubungi Call Cantre 112 untuk melaporkan kondisi-kondisi darurat yang terjadi di Kota Tebing Tinggi.

"Bagi masyarakat yang bertempat tinggal di bantaran sungai agar tetap waspada dan bersiaga jika terjadi peningkatan debit air sungai dan segera mungkin untuk melaporkan kepada Kepala Lingkungan, Kelurahan maupun Kecamatan atau dapat menghubungi Call Centre 112 untuk layanan darurat." tutupnya.

Sampai saat ini, Pemko Tebing Tinggi melalui Tim Satgas Banjir di seluruh Kecamatan dan Kelurahan sudah bergerak bersama Polres dan Koramil melakukan persiapan penanganan banjir seperti membuat jalur evakuasi, pendirian dapur umum, posko banjir dan tenda-tenda pengungsian serta tim medis, dengan prioritas di wilayah yang rawan terjadi banjir seperti Kecamatan Padang Hulu dan Kecamatan Tebing Tinggi Kota. (Bon)


Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

>

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel